Preview: Initial Jobless Claims AS

532

Jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim tunjangan pengangguran pertama kali meningkat sebanyak 3000 pada minggu lalu, namun masih dalam level yang rendah menunjukkan kesehatan dari pasar tenaga kerja. Angkanya masih lebih baik daripada yang diperkirakan sebesar 260.000. Initial Jobless claims telah berada dibawah angka 300.000 selama 82 minggu berturut-turut menunjukan PHK telah rendah untuk waktu yang begitu lama.

Payrolls sektor swasta di bulan September naik melebihi daripada yang diperkirakan menurut update dari laporan employment  ADP pada hari kemarin. Kenaikan yang moderat sebanyak 152.000 sudah merupakan kemajuan yang bagus, tetapi masyarakat investor mengharapkan kenaikan yang lebih kuat.  Data ADP yang sedikit mengecewakan mengandung arti bahwa angka resmi pada hari Jumat besok dari payrolls bulan September kemungkinan juga akan kurang daripada yang diperkirakan.

Kenaikan yang  paling kecil di dalam payrolls swasta sejak bulan April melalui penghitungan dari ADP bisa menjadi suatu alasan untuk kuatir, tetapi kepala ekonomi dari Moody’s Analytics – yang merupakan “co-producers” dari data ADP – lebih melihat potensi naik meskipun angka yang lebih rendah.

Mark Zandi di dalam press release nya mengatakan,”dengan job-openings yang tertinggi sepanjang sejarah dan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) mendekati terendah sepanjang waktu, pasar tenaga kerja tetap berada dalam ayunan yang penuh. Pertumbuhan pekerjaan telah mengecil dalam beberapa bulan belakangan, tetapi itu adalah karena ekonomi akhirnya kembali kepada full-employment”.

Data untuk Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) diperkirakan akan tetap menjadi suatu faktor yang “bullish”, berdasarkan perkiran untuk rilis data mingguan dari “jobless claims”. Perkiraan konsensus dari Briefing.com melihat sedikit kenaikan di dalam pengajuan tunjangan dari pengangguran yang baru. Tetapi proyeksi kenaikan yang hanya sebesar 2000 akan menghasilkan klaim yang berada pada angka yang rendah di 258.000 yang mendekati level terendah sejak tahun 1973. Sementara Forex crunch memperkirakan minggu ini jumlah klaim baru akan bertambah menjadi 255.000.

Secara singkatnya, indikator terdepan ini kelihatannya akan memberikan dosis berikutnya untuk antusias bullish bagi outlook pasar tenaga kerja.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here