IMF dan World Bank Dorong Globalisasi Perdagangan

520
World network

Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia pada Kamis menyerukan langkah-langkah untuk mendorong pertumbuhan inklusif dan menahan sentimen anti-perdagangan.

“Globalisasi telah terjadi selama bertahun-tahun, yang telah memberikan manfaat besar bagi banyak orang. Kami tidak berpikir bahwa itu adalah waktu untuk menentangnya,” kata Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde pada konferensi pers pada hari Kamis.

Lagarde mengatakan bahwa, dalam dekade terakhir, pertumbuhan didorong oleh perdagangan internasional telah membantu negara-negara seperti Tiongkok dan India untuk menarik mereka keluar dari kemiskinan masif. “Perdagangan sebagai mesin utama besar untuk pertumbuhan, … kita membutuhkan mesin untuk mendukung dan mempercepat pertumbuhan,” kata Lagarde.

Pada konferensi pers, Presiden Kelompok Bank Dunia Jim Yong Kim juga menyatakan keprihatinan tentang ekonomi global yang melambat terkena penurunan harga komoditas dan perdagangan global yag stagnan.

Dia mengatakan bahwa perdagangan dan keterbukaan ekonomi adalah dua kunci bagi Tiongkok untuk mengangkat tujuh juta orang keluar dari kemiskinan dengan cara yang cepat. Kim meminta semua negara-negara berkembang untuk merangkul perdagangan dan perekonomian terbuka untuk mengakhiri kemiskinan ekstrim.

Keduanya, baik  Lagarde maupun Kim menyerukan investasi di infrastruktur dan manusia dalam rangka mempercepat pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan.

Sehubungan dengan masuknya China Renminbi di Special Drawing Right (SDR) keranjang, Lagarde mengatakan bahwa itu “sebagai jangkar perekonomian Tiongkok dalam kelompok besar internasional, ekonomi menjadi terbuka di dunia.” Dia mengharapkan Tiongkok akan melanjutkan reformasinya.

Presiden Bank Dunia juga memberi banyak kredit untuk pengurangan kemiskinan Tiongkok. Kim menambahkan bahwa Tiongkok akan menjadi mitra yang sangat penting dalam upaya Bank Dunia untuk mengakhiri kemiskinan ekstrim.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here