Bursa Eropa Akhir Pekan Mixed; FTSE Bukukan Mingguan Positif

633
Bursa Saham Eropa ditutup mixed pada akhir perdagangan akhir pekan Jumat malam setelah ajloknya poundsterling dan melemahnya data pekerjaan AS.

Indeks FTSE berakhir pada 7.044,39, naik 44,43 poin atau 0,63%. Secara mingguan indeks bukukan hasil positif 0,86 persen.

Indeks DAX berakhir pada 10.490,86, turun -77,94 poin atau -0,74%. Secara mingguan indeks melemah -1,22 persen.

Indeks CAC berakhir pada 4.449,91, turun -30,19 poin atau -0,67%. Secara mingguan indeks turun tipis -0,09 persen.

Indeks IBEX 35 berakhir pada 8.624,30, turun -133,10 poin atau -1,52%. Secara mingguan indeks merosot -1,46 persen.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 0,9 persen, namun indeks FTSE 100 berakhir hari 0,76 persen lebih tinggi, dibantu oleh saham pertambangan, sebagai perusahaan mendapatkan keuntungan dari poundterling lemah.

Ekonomi AS menambahkan 156.000 pekerjaan pada bulan September, di bawah ekspektasi pasar, dan jatuh dari revisi 167.000 bulan Agustus. Hal ini bisa membuat Federal Reserve AS lebih berhati-hati untuk menaikkan suku bunga segera.

Sementara itu, sterling menjadi fokus bagi investor setelah mata uang terpuruk di perdagangan Asia, memukul tertinggi tiga dekade rendah dalam apa yang digambarkan sebagai “kecelakaan cepat.” Mata uang anjlok sebanyak 6 persen menjadi $ 1,1819 dan kemudian pulih di $ 1,24, menurut data Reuters.

Spekulasi pasar merebak bahwa penurunan itu hasil dari perdagangan salah masuk, atau “fat finger error,” karena belum ada dukungan berita untuk membenarkan anjloknya pound.

Di sektor perbankan, Deutsche Bank melakukan spin-off bisnis manajemen aset untuk membantu meningkatkan modal, Financial Times melaporkan, mengutip orang yang dekat dengan masalah. Saham perusahaan itu datang dari tertinggi sesi mereka tetapi masih di wilayah positif.

UBI Banca mendorong lebih keras untuk menegosiasikan persetujuan dari Bank Sentral Eropa untuk membeli tiga dari empat bank diselamatkan tahun lalu, La Stampa mengatakan, mengirimkan saham di pemberi pinjaman Italia lebih tinggi.

Saham Banca Monte dei Paschi di Siena lebih tinggi setelah laporan bahwa pihaknya berencana pada melaksanakan peningkatan modal sebelum musim liburan.

Di tempat lain, perusahaan asuransi Belanda Delta Lloyd menolak tawaran pengambilalihan dari saingannya NN Grup mengatakan bahwa proposal mernedahkan perusahaan. Saham NN Grup lebih rendah sementara saham Delta Lloyd berada di wilayah positif.

Saham E.ON rally setelah laporan bahwa aktivis pemegang saham Cevian sedang mempertimbangkan mengambil saham 10 persen dalam utilitas Jerman.

Saham RWE ditutup 7 persen lebih rendah setelah anak perusahaannya, Innogy, mulai berjalan sebagai perusahaan publik pada hari Jumat.

Saham EasyJet turun lebih dari 4 persen, menyentuh level terendah sejak awal 2013, setelah sejumlah broker menurunkan target harga untuk saham.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati perkambangan data perdagangan Jerman, pergerakan bursa Asia dan harga minyak mentah serta pergerakan bursa Wall Street.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here