Clinton Sedikit Ungguli Trump Dalam Debat Kedua Calon Presiden AS

432

Tidak ada pemenang yang jelas dalam debat calon Presiden AS kedua pagi tadi. Namun Reuters memberikan sedikit keunggulan pada calon dari Partai Demokrat Hillary Clinton melawan saingannya calon dari Partai Republik Donald Trump.

Reuters menyatakan dengan indeks saham berjangka Wall Street sedikit berubah sepanjang debat presiden yang sangat kontroversial pagi tadi, menunjukkan bahwa pasar terus mengharapkan Clinton dapat terpilih pada pemilihan Presiden AS 8 Novembe rmendatang.

Pada 90 menit debat diawali dengan dingin ketika Clinton dan Trump menyambut sama lain tanpa jabat tangan seperti biasanya.

Investor mengatakan tidak ada substansi yang cukup dalam kebijakan dalam debat pagi tadi untuk mengubah persepsi pasar.

“Masih ada waktu untuk lebih banyak hal yang bisa terjadi, tapi penasihat keuangan mungkin mulai merasa mereka harus berpikir tentang Clinton menang dalam hal investasi untuk 2017,” kata kata Rick Meckler, presiden perusahaan investasi LibertyView Capital Management di Jersey City, New Jersey.

Dia mengatakan investasi tersebut kemungkinan akan mencakup intervensi pemerintah dalam perawatan kesehatan, khususnya harga obat-obatan, dan sedikit dukungan untuk batubara sebagai sumber energi.

Indeks berjangka S & P e-mini tetap dalam kisaran ketat sepanjang debat, sedikit lebih tinggi dari pada penutupan Jumat.

“Pasar menyatakan debat malam ini imbang dan tidak memiliki petunjuk lebih setelah perdebatan dari sebelumnya, setidaknya tidak dalam memantau S & P futures. Sekali lagi perdebatan adalah teater besar, tetapi tidak memberikan wawasan pasar, “kata JJ Kinahan, kepala strategi pasar di TD Ameritrade.

Strategi dalam jajak pendapat ekuitas Reuters baru-baru ini sebagian besar melihat kemenangan pemilu pada 8 November oleh Clinton sebagai lebih positif bagi pasar saham melalui akhir tahun.

Trump telah mengkritik kesepakatan perdagangan AS dengan Meksiko dan Kanada serta transaksi perdagangan lainnya, dan telah berjanji untuk membangun dinding perbatasan dan membuat Meksiko membayar untuk itu.

Peso Meksiko naik sebanyak 2 persen pada hari Minggu dan terakhir diperdagangkan naik 1,3 persen versus greenback.

Indeks S & P 500 e-mini, yang naik 6 poin setelah pembukaan tiga jam sebelum debat dimulai, naik 5,25 poin, atau 0,24 persen.

“Ini reaksi positif di saham, dan itu sangat konsisten dengan apa yang pasar telah cermati, yaitu bahwa Clinton akan menang dan itu kabar baik,” kata Hugh Johnson, kepala investasi dari Hugh Johnson Advisors LLC di Albany, New York, sebelum perdebatan.

Bursa Saham AS sempat sebentar menguat menyusul kemenangan yang dirasakan oleh Clinton dalam debat presiden pertama bulan lalu.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here