Data NFP AS Melemah, Kenaikan Suku Bunga AS Desember Memungkinkan

683

Laporan terbaru dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS mencatat kenaikan 156.000 di non-farm payrolls untuk bulan September dari angka-direvisi naik dari 167.000 untuk Agustus, yang pada awalnya dilaporkan sebagai 151.000. Data ini lebih lemah dari kenaikan yang diharapkan dari sekitar 170.000.

Hasil ini menjaga The Fed di jalur untuk kenaikan Desember dengan rilis umumnya masih di atas persyaratan Fed.

united-states-non-farm-payrolls
Kerja sektor swasta meningkat sebesar 167.000 di bulan ini dari 144.000 pada bulan Agustus dengan penurunan 11.000 di pekerjaan pemerintah setelah dua bulan kenaikan berturut-turut.

Ada penurunan lebih lanjut dalam pekerjaan manufaktur dari 13.000, tapi kerja konstruksi meningkat.

Tingkat pengangguran meningkat menjadi 5,0% dibandingkan dengan tingkat yang diharapkan dari 4,9%.

Tingkat partisipasi meningkat menjadi 62,9% dari 62,8% sebelumnya, sementara jam mingguan pulih ke 34,4 dari 34,3 bulan sebelumnya dengan indeks jam mingguan naik 0,4% dari penurunan 0,2% bulan sebelumnya.

Rata-rata pendapatan meningkat 0,2% pada bulan dengan kenaikan tahunan 2,6% dari 2,4% sebelumnya, yang sesuai dengan harapan.

Data tenaga kerja merupakan elemen yang sangat penting dalam pertimbangan suku bunga Federal Reserve.

Para anggota dovish dari komite masih melihat kapasitas cadangan di pasar tenaga kerja dan ruang lingkup untuk pekerjaan harus didorong lebih lanjut tanpa memicu inflasi.

Komite sisi hawkish berpikir bahwa AS sudah pada kesempatan kerja penuh dan bahwa ada peningkatan risiko sekitar inflasi.

Argumen yang sulit oleh fakta bahwa pertumbuhan lapangan kerja akan cenderung memperlambat pendekatan untuk pekerjaan penuh sebagai perusahaan merasa lebih sulit untuk mempekerjakan pekerja.

Kedua belah pihak dapat mengambil beberapa dukungan dari data, tapi implikasi secara keseluruhan, pada tahap ini, adalah bahwa Fed tetap di jalur untuk kenaikan suku Desember dengan keuntungan pekerjaan lebih dari cukup untuk menjaga pengangguran stabil.

Laporan kerja akan menjadi yang terakhir sebelum pertemuan kebijakan Fed berikutnya pada 1-2 November dimana Investor melihat hampir tidak ada kesempatan untuk kenaikan suku bunga pada pertemuan yang dekat pemilu AS.

Yellen mengatakan bulan lalu bahwa Fed kemungkinan akan menaikkan suku sekali tahun ini. The Fed mengangkat suku bunga acuan pada akhir tahun lalu untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade, tetapi telah stabil sejak tengah kekhawatiran atas inflasi yang masih rendah.

Ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga Desember berada di atas 60 persen menyusul rilis laporan, menurut alat FedWatch CME Group.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here