Debat Capres AS Naikkan Peso Menjadi 19,0395 Per Dolar

445

Mata uang Meksiko naik 1,4 persen menjadi 19,0395 per dolar pada 11:06 di Singapura, setelah sempat menyentuh 18,9106, level terkuat sejak 13 September.

Nilai tukar peso telah terdepresiasi lebih dari 9 persen tahun ini karena popularitas Trump mendorong seruan untuk melakukan negosiasi ulang transaksi perdagangan dengan Meksiko dan memaksa negara untuk membangun dinding pemisah di sepanjang perbatasan AS. Mata uang merosot ke rekor terendah sebelum debat pertama pada 26 September lalu, kemudian rebound saat perdebatan kedua yang mendukung kemenangan Clinton.

Dolar Kanada, juga bergerak dimasa pemilihan presiden, naik 0,3 persen sementara dolar Australia terhadap won Korea dan rand Afrika Selatan – diperkuat. The Bloomberg Dollar Spot Index, yang mengukur greenback terhadap 10 mata uang utama, tergelincir 0,1 persen untuk hari kedua.

Data yang keluar hari Jumat malam kemarin menunjukkan 156.000 pekerja yang ditambahkan ke non-farm payrolls pada bulan September, dibandingkan dengan peningkatan pada bulan Agustus yang direvisi naik ke 167.000. Para ekonom memproyeksikan keuntungan sebesar 172.000.

Pasar di Tokyo, Hong Kong dan Taiwan ditutup hari Senin untuk liburan. Australia akan mengeluarkan posisi cadangan mata uang asing dan Malaysia akan melaporkan stok minyak sawit dan nilai ekspor.

Yen sedikit berubah menjadi 102,94 per dolar.

Pound Inggris turun 0,3 persen menjadi $ 1,2398 setelah mengakhiri Jumat turun 1,4 persen. Sterling merosot lebih dari 6 persen pada awal perdagangan Asia sesi terakhir dalam apa yang digambarkan sebagai kecelakaan flash. Mata uang juga berada di bawah tekanan di tengah kekhawatiran dampak kelanjutan keputusan Inggris keluar dari Uni Eropa.
Yuan turun 0,4 persen menjadi 6,7018 per dolar setelah melemah ke level 6,7051 diminggu liburan pasar keuangan di Tiongkok.

The S & P / ASX 200 Index naik 0,2 persen di Sydney, dipimpin oleh produsen bahan baku dan saham telepon, sementara S & P / NZX 50 Index Selandia Baru tergelincir 0,5 persen untuk hari kelima berturut-turut.

Samsung turun lebih dari 3 persen di Seoul. Perusahaan menghentikan sementara produksi smartphone seri Notes 7 setelah keluhan pelanggan berkaitan dengan keamanan perangkat. Keputusan ini juga diambil dibuat karena beberapa operator AS menghentikan penjualan perangkat.

Shanghai Composite Index naik 0,9 persen karena perdagangan dibuka kembali, dipimpin kenaikan saham-saham perusahaan-perusahaan minyak sementara saham-saham pengembang properti jatuh. Hang Seng China Enterprises Index, melonjak 3,6 persen pekan lalu, kinerja terbaik dalam satu bulan.

Emas untuk pengiriman segera naik 0,5 persen menjadi $ 1,262.69 per ounce produk ETF yang didukung emas naik ke level tertinggi sejak 2013.

Minyak mentah West Texas Intermediate turun 1 persen menjadi $ 49,31 per barel setelah pengebor AS menambahkan rig untuk enam minggu kedepan, demikian data yang ditunujukkan Baker Hughes Inc, sementara Rusia telah meragukan kesepakatan dalam waktu dekat dengan OPEC atas pemotongan produksi.

Tembaga naik 0,4 persen, sedangkan nikel naik 2,1 persen.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here