Fischer Sinyalkan Kenaikan Suku Bunga AS Desember

444

Keuntungan pekerjaan di Amerika Serikat tetap mantap dan pertumbuhan semestinya naik pada paruh kedua tahun ini, Wakil Ketua Fed Stanley Fischer mengatakan pada hari Minggu dalam sambutannya yang menunjukkan bank sentral tetap di jalur untuk kenaikan suku bunga Desember.

Amerika Serikat adalah “dekat pemenuhan pekerjaan,” kata Fischer dalam sambutannya untuk disampaikan ke Kelompok 30, panel gubernur dan mantan gubernur bank sentral saat ini, regulator dan ekonom akademik, selama pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia.

“Dengan keuntungan yang solid dalam pekerjaan dan pendapatan rumah tangga dan sentimen konsumen optimis,” Fischer mengatakan, belanja konsumsi “seharusnya terus mendukung pertumbuhan selama paruh kedua tahun ini.” Sesi ini ditutup untuk pers, tapi sambutannya disiapkan Fischer yang dirilis oleh The Fed menjelang pidatonya.

Kemajuan yang mantap pada pekerjaan, pertumbuhan yang berkelanjutan dan keyakinan bahwa inflasi akan naik menuju target dua persen Fed telah menetapkan untuk pembuat kebijakan untuk meningkatkan suku bunga pada bulan Desember sebagai bagian dari pengetatan bertahap kebijakan moneter.

Fischer mengatakan keputusan untuk tidak meningkatkan suku bunga pada bulan September adalah dilakukan sebagian besar untuk memungkinkan kemajuan lebih lanjut pada pekerjaan. Pada titik ini, katanya, “tampaknya ada sedikit risiko jatuh di belakang kurva dalam waktu dekat,” pada inflasi, yang memungkinkan Fed untuk menaikkan suku perlahan.

“Kenaikan bertahap dalam tingkat suku bunga federal kemungkinan akan cukup untuk mendapatkan kebijakan moneter netral selama beberapa tahun ke depan,” kata Fischer.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here