Hanya 2 Saham Batubara Yang Masih Hijau Pasca Pekan Yang Menguntungkan

499

Mengawali perdagangan saham pekan kedua bulan Oktober, beberapa saham sektor tambang sub tambang batubara yang pekan lalu alami pergerakan yang sangat kuat dan menguntungkan oleh sentimen kenaikan harga batubara banyak yang alami profit taking. Sehingga akibatnya beberapa saham tambang tersebut termasuk saham yang masuk dalam LQ45 masuk zona merah.

Hanya terdapat beberapa saham yang masih bertahan di posisi kuat sehingga berpotensi membuat laju saham tersebut rally seperti saham HRUM (PT Harum Energy Tbk) dan saham PTRO (PT Petrosea Tbk). Kedua saham ini akhir pekan lalu ditutup dengan penguatan yang signfikan, diatas 5 persen lebih.

Pekan lalu pasar saham cukup diramaikan dengan saham-saham tambang khususnya yang berbisnis batubara seperti PTBA, ADRO, GEMS, dan DOID selain saham diatas. Akhir pekan lalu saham-saham ini juga ditutup dengan peningkatan saham yang sangat signfikan. Namun jika terjadi profit taking pagi ini masih tergolong wajar khususnya untuk saham unggulan seperti ADRO dan juga PTBA.

Sebagai informasi, pada tahun 2015 saham sektor tambang sudah anjlok hingga 41% seiring dengan anjloknya harga komoditas batubara khususnya batubara. Dan untuk sepanjang tahun ini saham sektor tambang sudah naik 42% hingga September 2016, dan akhir tahun saham sektor tambang ini masih sangat menarik.

Lens Hue/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
 Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here