Kekuatan Rupiah Senin Pagi Lancarkan 2 Triliun Dana Asing Masuk Bursa

530

Setelah rupiah berhasil  kuat melawan tekanan dollar AS pekan lalu, di awal perdagangan valas pekan ini nilai tukar rupiah masih bertahan di zona penguatannya pada kisaran 12000. Laju rupiah pagi ini juga mendapat support dari Bank Indonesia yang memperkuat  kurs referensinya. Terpantau pagi ini dollar AS masih terpukul terhadap banyak rival utamanya.

Kekuatan rupiah pada sesi pertama perdagangan bursa saham  membuat  investor asing memburu banyak  saham unggulan  sehingga  terbentuk net buy asing  Rp2 triliun lebih.  Aksi beli investor asing tersebut mendapat ganjalan mengangkat  IHSG yang sedang terkoreksi 0.1%.

Lihat: IHSG 10 Oktober Bergerak Naik Terdukung Penguatan Rupiah

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,23% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp12960/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp12980/US$. Demikian untuk kurs Jisdor ditetapkan BI ke posisi lebih lemah  di 13002 dari perdagangan sebelumnya  di 12992 .

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi lemah pada akhir perdagangan  oleh  fokus pasar global menanti data NPF AS September, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 12995 dan  resistance di 12930.

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here