Kesepakatan Gagal, Saham Deutsche Bank Kembali Anjlok

767

Saham Deutsche Bank kembali merah pada perdagangan Senin, setelah pemberi pinjaman gagal melakukan kesepakatan dengan otoritas AS untuk pengurangan jumlah denda yang dikenakan.

Investor telah berharap bahwa Deutsche Bank dan Departemen Kehakiman AS (DOJ) akan menyelesaiakn sejumlah penyelidikan terkait menggadaikan surat berharga selama akhir pekan.

Namun, gagalnya kesepakatan membuat saham bank tersebut merosot hampir 3 persen oleh 09:00 waktu London pada Senin, tergelincir menjadi sekitar € 11,75 per saham. Penurunan saham membebani indeks DAX Jerman yang diperdagangkan di wilayah negatif dan lebih luas sektor perbankan di Eropa yang turun 1,14 persen.

Jerman Bild am Sonntag melaporkan bahwa CEO Bank John Cryan telah gagal untuk mencapai kesepakatan dengan perwakilan senior dari Departemen Kehakiman AS dalam rapat Jumat.

Deutsche Bank memerlukan uang tunai setelah AS Departemen Kehakiman (DOJ) mengenakan pembayaran  $ 14 miliar untuk menyelesaikan sejumlah penyelidikan. Kekhawatiran awal tentang Deutsche Bank benar-benar muncul pada awal tahun, dengan kekuatiran investor atas eksposur ke sektor energi dan krisis uang tunai.

Bank telah berulang kali membela dirinya sendiri selama beberapa minggu terakhir, dan mengatakan bahwa “tidak ada alasan untuk khawatir”. Saham Deutsche Bank telah meluncur lebih dari 48 persen sejauh tahun ini dan biaya mengasuransikan sejumlah utang telah meningkat tajam. Ini telah datang di bawah tekanan dari agresifnya short-selling, terutama dari beberapa hedge fund besar.

Sebelumnya bank terbesar Jerman ini pada laporan akhir bulan lalu menyatakan dekat dengan penyelesaian $ 5,4 miliar dolar dengan Departemen Kehakiman. Namun, gagalnya kesepakatan dan negosiasi terbaru menjadi kemunduran lebih lanjut bagi Deutsche Bank.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here