Pertumbuhan Jasa Tiongkok September Turun Tipis, Pertumbuhan Bisnis Meningkat

580

Sektor jasa Tiongkok terus berkembang pada September, dengan Caixin General Services Purchasing Managers Index (PMI) membukukan hasil 52,0.

Indeks September adalah di bawah 52,1 hasil pada bulan Agustus, menunjukkan perlambatan untuk ekspansi sektor jasa, yang saat ini di tahun ketiga.

china-services-pmi

The Caixin Composite Output Index, yang mencakup data meliputi sektor manufaktur dan jasa, datang di 51,4 untuk September, menandakan bulan ketujuh berturut-turut pertumbuhan untuk kegiatan bisnis secara keseluruhan.

Namun, tingkat ekspansi secara bulanan adalah yang terendah dalam tiga bulan. Pada bulan Agustus, indeks mencapai 51,8 sementara Juli adalah 51,9.

Ekspansi terbaru untuk sektor jasa didorong oleh peningkatan pesanan baru. Pesanan baru tumbuh pada tingkat yang lebih cepat pada bulan September dibandingkan bulan Agustus.

Penyedia layanan melihat kenaikan bersih dalam jumlah karyawan pada bulan September, menandai kenaikan pertama untuk pekerjaan sektor sejak Juni. Tapi pemotongan produsen pekerjaan mengurangi tingkat staf untuk kedua sektor gabungan untuk bulan ke-16 berturut-turut.

Tingkat kenaikan untuk harga input bisnis jasa, meskipun moderat, adalah yang tercepat dalam tiga bulan. Ketika dikombinasikan dengan data biaya masukan inflasi dari sektor manufaktur, tingkat harga input komposit naik pada bulan September pada tingkat tercepat dalam lima bulan.

Produsen dan perusahaan jasa merespons biaya input yang lebih tinggi dengan menaikkan harga mereka yang dikenakan kepada klien pada bulan September. Harga pelanggan secara keseluruhan untuk kedua sektor naik untuk bulan ketujuh berturut-turut.

Juga, indeks ekspektasi bisnis oleh penyedia layanan pada bulan September adalah jauh lebih rendah daripada tingkat untuk Agustus.

Zhong Zhengsheng, direktur Analisis Makroekonomi di CEBM Group, anak perusahaan dari Caixin Insight Group, mengatakan indeks komposit menggarisbawahi perlunya dukungan pemerintah.

“Kebijakan fiskal perlu terus mendukung perekonomian karena ada cukup momentum pertumbuhan sendiri,” kata Zhong.

PMI jasa Caixin dihitung oleh Markit, penyedia jasa informasi keuangan global, berdasarkan data dari balasan bulanan kuesioner dikirim ke manajer pembelian di lebih dari 400 perusahaan.

Indeks membaca di atas 50 menunjukkan peningkatan secara keseluruhan dalam variabel itu, sementara indeks di bawah 50 poin untuk kontraksi secara keseluruhan.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here