Rupiah Senin Mampu Melawan Bangkitnya Kekuatan Dollar AS

526

Di tengah perdagangan pasar valas spot sesi Eropa awal pekan  (10/10) dan sekaligus mengakhiri perdagangan valas Senin, rupiah masih menunjukkan pergerakan yang positif dan lebih tinggi dari perdagangan sebelumnya.  Padahal dollar AS telah berhasil rebound dan berusaha pangkas kekuatan rivalnya.

Kuatnya rupiah  sepanjang hari rupiah menjadi pendorong masuknya modal asing cukup besar pada bursa saham  sehingga  tercetak  net buy asing  mencapai Rp1,9 triliun  lebih. Namun aksi beli investor asing tersebut  tidak sanggup mengangkat IHSG yang ditutup turun 0,3%.

Lihat: IHSG 10 Oktober Berakhir Turun Tertekan Profit Taking Investor Lokal

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,09% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp12975/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp12980/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  diperkuat  dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  lebih kuat di 12969 dari perdagangan sebelumnya  di 13002, demikian kurs transaksi antar bank juga diperkuat ke 13034  perdagangan sebelumnya 13067 .

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari  diperkirakan  dibuka positif oleh  meskipun kekuatan dollar AS semakin bertambah  hingga akhir perdagangan sesi Amerika malam ini.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here