Bursa Shanghai 11 Oktober Berakhir Naik Tertinggi 1 Bulan

299
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Selasa (11/10), indeks Shanghai berakhir naik 17,95 poin, atau 0,59 persen, ke 3066.09. Penguatan indeks Shanghai merupakan kenaikan tertinggi dalam 1 bulan, terdukung rencana pemerintah Beijing untuk memotong utang perusahaan besar dipicu upaya merger dan restrukturisasi perusahaan milik negara yang terdaftar.

Investor menyambut panduan yang dikeluarkan oleh kabinet Tiongkok pada hari Senin untuk mengurangi peningkatan utang perusahaan, yang akan mencakup mendorong merger dan akuisisi, kebangkrutan, swap debt-to-equity dan sekuritisasi utang.

Investor sekarang percaya bahwa konsolidasi di antara perusahaan yang sarat utang BUMN akan dipercepat.

Pada akhir perdagangan, saham pembuat kapal yang terdaftar besar di Tiongkok, termasuk CSSC Offshore & Marine Engineering Group Co, China Shipbuilding dan China CSSC Holdings melonjak pada harapan bahwa induk perusahaan milik negara itu akan bergabung.

Juga mencerminkan meningkatnya minat dalam restrukturisasi sektor negara, saham China United Network Communications melonjak 10 persen, naik untuk hari kedua setelah mengatakan selama akhir pekan bahwa perusahaan induknya sedang mempelajari rencana untuk reformasi “kepemilikan campuran”.

Perbankan adalah satu-satunya sektor utama yang jatuh pada hari Selasa, karena investor percaya upaya rencana debt-to-equity Beijing terhadap ekuitas akan melemahkan neraca pemberi pinjaman.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak positif mencermati perkembangan ekonomi dalam negeri dan pudarnya harapan kenaikan suku bunga AS. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2928-2810 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3156-3283.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here