Kekuatan Data ZEW Tidak Berdaya Tolong Euro Sesi Eropa

612

Laporan yang mantap dari ZEW (Zentrum für Europäische Wirtschaftsforschung) hari Selasa (11/10) untuk survey tingkat sentimen para investor untuk ekonomi Jerman dan kawasan Euro periode bulan Oktober tidak berhasil mengangkat euro yang sudah tertekan sejak perdagangan awal pekan. Sentimen momentum penguatan dollar AS lebih kuat menekan kurs negara satu mata uang tersebut.

Kekuatan dollar AS semakin bertambah jelang perdagangan sesi Amerika yang dibuka malam setelah libur sebelumnya oleh Columbus Day. Sentimen kuatnya dollar didapat dari ekspektasi kenaikan Fed rate pada bulan Desember tahun ini meskipun akhir pekan lalu sempat meredup saat data NFP bulan September mengecewakan.

Lihat: Optimisme Ekonomi Oktober Jerman Meningkat Tajam

Sore ini ZEW merilis surveynya terhadap para investor untuk kondisi ekonomi Jerman dan kawasan Euro yang menunjukkan skor optimis yang meningkat signifikan dari periode sebelumnya. Untuk Jerman skornya naik dari 0,5 menjadi 6,2 sedangkan kawasan Euro naik dari 5,4 menjadi 12,3.

Lihat: Optimisme Ekonomi Oktober Zona Eropa Lanjutkan Penguatan

Pergerakan kurs euro  sesi Eropa  (10:30:35 GMT) anjlok parah terhadap dollar AS,  setelah  dibuka lebih rendah   dari perdagangan sebelumnya pada   1.1137  di   awal   perdagangan sesi Asia  (00.00 GMT),  kurs  Euro alami  penurunan  55 pips   dan kini  bergulir   pada 1.1083.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan sesi Amerika yang berakhir besok pagi, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair EURUSD akan turun   ke kisaran   1.1076 – 1.1051. Dan jika terjadi koreksi maka pair akan naik menuju  kisaran 1.1145-1.1178.

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here