Minyak WTI Semakin Kuat, Aussie Dollar Tambah Lemas

468

Rally harga minyak mentah masuki perdagangan sesi Eropa semakin kencang setelah berhasil menembus kisaran US$50 per barel perdagangan sebelumnya, namun tidak membuat tenaga kurs komoditas menekan dollar AS. Sebaliknya kurs komoditas seperti aussie, loonie dollar serta kiwi dollar lanjut ke posisi yang lemah seperti aussie terjun ke posisi terendah 2 pekan perdagangan.

Selain momentum kekuatan dollar AS, aussie hari ini mendapat tekanan dari buruknya data tingkat pinjaman rumah di Australia yang dilaporkan ABS sekalipun sebelumnya NAB laporkan data yang tidak berubah dari periode sebelumnya. Kuatnya dollar AS hingga perdagangan sore ini membuat laju rivalnya termasuk aussie menjadi lemah.

Lihat: Dollar AS Awal Sesi Eropa Masih Punya Tenaga Extra

Oleh penguatan harga minyak aussie hanya mampu menguat terhadap rival lainnya seperti euro, yen dan poundsterling. Rally kencang harga minyak disupport oleh dukungan Rusia akan kesepkatan OPEC mengurangi produksi minyak produsen besar termasuk negara Rusia.

Pergerakan kurs aussie  sesi Eropa (08:00:45 GMT) bergerak lemah terhadap dollar AS,  setelah  dibuka lebih rendah pada   0.7606 di   awal   perdagangan  sesi Asia (00.00 GMT),  kurs  aussie kini bergulir  pada posisi 0.7551.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga   perdagangan sesi Amerika malam ini, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair AUDUSD akan turun ke kisaran  0.7537-0.7518. Namun jika tidak sampai dapat naik menuju  pivotnya dulu sebelum menembus posisi resisten kuat.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here