Optimisme Ekonomi Oktober Jerman Meningkat Tajam

456

Optimisme di antara analis dan investor Jerman meningkat lebih dari yang diperkirakan pada bulan Oktober, sebuah survei menunjukkan pada hari Selasa (11/10), memperlihatkan pedagang lebih optimis tentang prospek pertumbuhan ekonomi terbesar di Eropa ini.

ZEW yang berbasis di Mannheim mengatakan survei bulanan menunjukkan kenaikan indeks sentimen ekonomi untuk 6,2 poin pada bulan Oktober setelah pembacaan tidak berubah dari 0,5 poin pada bulan sebelumnya. Ini adalah lebih baik daripada perkiraan konsensus Reuters untuk pembacaan 4,3.

germany-zew-economic-sentiment-index

Sebuah alat ukur terpisah mengukur penilaian investor dari kondisi ekonomi saat ini melonjak menjadi 59,5 poin dari 55,1 pada bulan September. Ini juga lebih kuat dari perkiraan konsensus Reuters yang memperkirakan pembacaan 55,5.

“Sentimen ekonomi membaik adalah tanda dari kegiatan ekonomi yang relatif kuat di Jerman”, Presiden ZEW Achim Wambach mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Namun, pengaruh positif dari industri dan ekspor seharusnya tidak mengalihkan perhatian dari risiko politik yang ada,” tambah Wambach. “Secara khusus, risiko mengenai sektor perbankan Jerman saat ini menjadi beban bagi prospek ekonomi.”

Indeks ZEW didasarkan pada survei terhadap 213 analis dan investor yang dilakukan antara 26 September hingga 10 Oktober.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here