Optimisme Ekonomi Oktober Zona Eropa Lanjutkan Penguatan

567

Survei ZEW ekspektasi ekonomi untuk zona Eropa meningkat menjadi 12,3 untuk Oktober dari 5,4 bulan sebelumnya.

Hasil ini merupakan angka tertinggi selama empat bulan dengan awal bulanan sedikit lebih kuat dari yang terlihat untuk Jerman.

euro-area-zew-economic-sentiment-index

Namun indeks kondisi saat in melemah untuk -12,8 dari -10,5 sebelumnya, yang terutama lebih buruk daripada pembacaan Jerman. Hal ini menunjukkan penurunan bulanan yang signifikan di luar ekonomi Jerman, yang akan mempertahankan kekhawatiran yang lebih luas keseluruhan untuk prospek zona Eropa dan tekanan politik. Faktor politik akan berada di depan terkait referendum Italia untuk reformasi politik pada awal Desember.

Ada pemulihan marjinal dalam komponen harapan untuk Perancis dan Italia dengan keduanya merayap ke wilayah positif, sementara kondisi saat ini juga meningkat sedikit, tapi tetap terutama lemah dari ekonomi utama lainnya.

Ada sedikit peningkatan pembacaan inflasi zona Eropa dengan mayoritas mengharapkan suku bunga jangka pendek untuk tetap ditahan, meskipun jumlah mengharapkan pemotongan lebih lanjut masih sedikit lebih tinggi daripada yang mengharapkan peningkatan.

Data keseluruhan terus menunjukkan peningkatan yang sangat lambat dalam prospek zona Eropa secara keseluruhan, meskipun kepercayaan diluar Jerman masih sangat lemah dengan kekhawatiran khususnya sekitar Italia. Risiko kerugian utama untuk perekonomian masih ada dan bahwa kepercayaan negatif akan menguat dengan perusahaan dan konsumen menjaga keengganan untuk berbelanja dan berinvestasi.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here