Penjualan Ritel Agustus Indonesia Rebound

678

Bank Indonesia pada Selasa (11/10) merilis data penjualan ritel bulan Agustus yang membukukan hasil peningkatan dari bulan sebelumnya.

Bedasarkan Survei Penjualan Eceran Agustus 2016 yang dilakukan BI, maka Indeks Penjualan Riil (IPR) Agustus 2016 tumbuh 14,4% (yoy), lebih tinggi dibandingkan 6,3% (yoy) pada Juli 2016. Peningkatan penjualan ritel terjadi pada sebagian besar kelompok barang, baik kelompok makanan maupun non makanan.

indonesia-retail-sales-annual

Untuk kelompok non makanan, penjualan tertinggi terjadi pada kelompok suku cadang dan aksesori, diikuti oleh kelompok peralatan informasi dan komunikasi.

Sedangkan pada bulan September 2016, penjualan ritel diperkirakan masih tumbuh meningkat. Hal tersebut tercermin dari pertumbuhan IPR September 2016 yang sebesar 15,7% (yoy), lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya (14,4%, yoy). Peningkatan penjualan eceran diperkirakan terjadi pada mayoritas kelompok barang, kecuali peralatan informasi dan komunikasi.

Hasil survey juga memperkirakan terdapat peningkatan tekanan kenaikan harga pada November 2016. Indikasi tersebut terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan mendatang yang meningkat 1,8 poin menjadi sebesar 122,5. Sementara itu, tekanan kenaikan harga pada 6 bulan mendatang (Februari 2017) diperkirakan juga meningkat dibandingkan bulan sebelumnya, tercermin dari IEH 6 bulan mendatang sebesar 132,4 lebih tinggi dibandingkan 131,4 pada bulan sebelumnya.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here