Yen Sesi Eropa Masih Rapuh Meski CA Jepang Mengesankan

335
Vibizmedia Photo

Pergerakan kurs yen Jepang yang bergerak lemah sejak perdagangan awal pekan (10/10) kembali berlanjut masuki sesi Eropa yang bergerak lemah. Yen begitu gampang terkoreksi melawan dollar oleh rapuhnya fundamental Jepang oleh rencana Gubernur BOJ akan menerapkan kembali suku bunga paling rendah jika kondisi ekonomi belum mendukung.

Lihat: Dollar AS Awal Sesi Eropa Masih Punya Tenaga Extra

Untuk penggerak fundamental yang kuat hari ini dari data current account (CA) Jepang kurang mampu memberikan tenaga kuat dibandingkan dengan sentimen penguatan dollar AS. Setelah itu yen mendapat pukulan dari laporan Kantor Kabinet Jepang yang umumkan kondisi sentimen ekonomi Jepang yang suram oleh turunnya skor indeks kebawah ekspektasi kenaikan data.

Pergerakan kurs yen  sesi Eropa (08:25:35 GMT) melemah terhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka lebih tinggi   pada 103.62  di   awal   perdagangan   (00.00 GMT) naik 22 pips  dan nilai pair bergulir  pada 103.84.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam   dapat saja retreat jika data ekonomi AS kecewakan dollar, sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY selanjutnya dapat turun ke kisaran  103,44-102,85  jika  penguatan  pair tidak mencapai kisaran  104,12-104.37.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here