EMAS & DONALD TRUMP

1512

Saat ini polling pemilihan presiden AS masih menjagokan Hillary Clinton dengan salah satu polling, the New York Times, mengatakan probabilita kemenangan pemilihan presiden AS adalah 88% untuk Hillary Clinton dan 12% untuk Trump.

Komentar-komentar yang muncul sehari setelah debat kepresidenan yang kedua mengatakan bahwa Trump mendapatkan kredit karena bisa mempertahankan pendapatnya meskipun tidak mengenai performancenya. Tetapi, menurut para ahli politik, hal ini belum cukup kuat untuk menggerakkan para pemungut suara yang belum memberikan keputusannya saat ini (suara mengambang).

Namun, bagaimana jika Donald Trump yang menang? Apa pengaruhnya terhadap harga emas?

Meskipun kebanyakan polling seperti halnya the New York Times memberikan 80% kemenangan buat Hillary Clinton, tetapi ada juga yang memberikan peluang kemenangan untuk Donald Trump dimana diantaranya adalah Michael Moore dan Mel Robbin.

Michael Moore adalah seorang pengarang dan produser film dokumenter yang memberikan banyak kritikan terhadap kepresidenan Bush dan perang terhadap terror. Dia menulis lima alasan yang cukup masuk akal kenapa Donald Trump akan memenangkan pemilihan Presiden AS kali ini.

Mel Robbin adalah komentator dari CNN yang terkenal, analis hukum, penulis buku-buku best seller dan merupakan Keynote Speaker. Dia membuat tulisan panjang lebar mengapa orang memilih Donald Trump tidak peduli apakah mereka suka atau tidak, setuju atau tidak dengan Donald Trump. Intinya adalah sudah banyak orang Amerika yang tidak suka dengan status quo sekarang yang didominasi hanya oleh para politikus yang tidak dapat dipercaya lagi perkataannya. Orang Amerika sudah bosan diatur oleh elite politik ini dan siap memberontak dengan memilih Donald Trump.

Dengan pasar saham AS sebagian besar memasukkan kedalam harga kemenangan bagi Hillary Clinton, apabila terjadi sebaliknya dimana Trump yang ternyata menang, hal ini bisa memicu reaksi yang otomatis bagi kejatuhan saham dan dorongan naik bagi perdagangan komoditi safe haven seperti emas.

Analis Capital Economics di dalam catatan riset Global Market Update nya untuk para kliennya menuliskan,”Ketidak pastian geopolitik dan ekonomi yang meningkat yang akan menyusul kalau Donad Trump mendapatkan kemenangan di dalam pemilihan presiden AS bulan November pasti akan membuat dolar AS melemah terhadap mata uang safe haven seperti yen Jepang dan harga emas akan melompat.

Capital Economics tidak saja memperkirakan akan terjadi peningkatan kekacauan pasar, mereka bahkan mencatat  bahwa hal ini akan cukup membuat Federal Reserve tidak jadi menaikkan tingkat bunganya, yang pada akhirnya akan menjadi faktor yang positip buat emas, yang telah mengalami rally selama hampir setahun ini karena kondisi tingkat bunga yang rendah.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here