Harga Emas Jatuh Tertekan Penguatan Dollar AS

588
Harga emas berakhir lebih rendah pada akhir perdagangan Rabu dinihari tertekan penguatan dolar AS terpicu peningkatan harapan bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga AS pada bulan Desember.

Harga emas spot turun 0,4 persen menjadi $ 1,256.66 per ons. Harga emas berjangka AS juga turun 0,03 persen menjadi $ 1,259.70 per ons.

Dolar AS mencapai 11 minggu tinggi terhadap sekeranjang enam mata uang utama, membuat emas dalam mata uang dolar lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Pedagang telah menempatkan kesempatan 70 persen bahwa Fed akan menaikkan suku pada pertemuan 13-14 Desember, naik dari 66 persen pada Jumat pagi, menurut alat FedWatch CME Group.

Berbicara kepada wartawan di Sydney, Presiden Fed Chicago Charles Evans Selasa mengatakan ia “bisa baik-baik saja” dengan menaikkan suku bunga AS pada bulan Desember, tetapi bahwa ia akan lebih memilih untuk melihat bagaimana perekonomian dan inflasi berkembang sebelum memutuskan.

Emas menyentuh level terendah empat bulan $ 1,241.20 per ons pada hari Jumat dan mencatatkan penurunan mingguan terbesar selama 11 bulan, turun 4,5 persen, setelah data AS melampaui perkiraan dan komentar dari pejabat Fed mengatakan ada kesempatan yang kuat untuk menaikkan suku.

Investor juga menunggu rilis Rabu untuk risalah dari pertemuan terbaru Federal Reserve Open Market Committee untuk melihat seberapa dekat bank sentral untuk menaikkan suku bunga.

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS, yang dapat mengangkat biaya kesempatan memegang emas.

Di antara logam mulia lainnya, perak tidak berubah pada $ 17,62 per ons.

Platinum adalah 0,1 persen lebih rendah pada $ 959,80 per ons dan paladium turun 0,2 persen menjadi $ 663,40.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi lemah dengan terjadinya penguatan dollar AS. Namun perlu dicermati merosotnya bursa Wall Street dapat menekan bursa global lainnya, dapat menjadi sentimen mengangkat harga emas. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,255-$ 1,253, sedangkan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,259-$ 1,261.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here