Indeks Shanghai 12 Oktober Dibuka Negatif Tergerus Kekuatiran Kredit Macet Perbankan

518
bursa shanghai

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Rabu (12/10), Indeks Shanghai dibuka negatif, saat ini terpantau turun -7,62 poin atau -0,25 persen pada 3057.63. Pelemahan indeks Shanghai terpicu kekuatiran terkait kredit macet perbankan Tiongkok.

Meningkatnya tingkat utang akan memperburuk profil kredit dari 200 perusahaan top Tiongkok tahun ini, membutuhkan bank negara untuk dana modal sebesar $ 1,7 triliun untuk menutupi lonjakan kemungkinan kredit macet, S & P Global mengatakan dalam laporan Selasa.

Utang telah muncul sebagai salah satu tantangan terbesar Tiongkok, dengan beban utang negara meningkat menjadi 250 persen dari produk domestik bruto (PDB). Pertumbuhan kredit yang berlebihan adalah sinyal peningkatan risiko dari krisis perbankan di tiga tahun ke depan, Bank of International Settlements (BIS) memperingatkan baru-baru ini.

Tujuh puluh persen dari perusahaan yang dikuasai negara dalam survei S & P, dan mereka menyumbang sebesar US $ 2,8 triliun, atau 90 persen dari total utang responden.

S & P memperkirakan rasio kredit masalah di bank-bank Tiongkok sudah di 5,6 persen pada akhir 2015. Dalam skenario penurunan pertumbuhan kredit berlanjut, yang bisa memperburuk ke 11 hingga 17 persen.

Lihat : Dibutuhkan $ 1,7 Triliun Untuk Mengatasi Kredit Macet Bank Tiongkok

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak negatif dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2928-2810 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3156-3283.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here