Konsumen Australia Semakin Optimis di Bulan Oktober

600

Optimisme konsumen naik untuk bulan ketiga pada bulan Oktober dimana warga Australia menjadi lebih optimis tentang ekonomi dan keuangan mereka sendiri untuk tahun depan, demikian laporan sebuah survei pada hari Rabu (12/10).

Survei dari The Melbourne Institute dan Westpac Bank dari 1.200 orang berpendapat bahwa sentimen konsumen naik 1,1 persen pada Oktober, dari September ketika naik tipis 0,3 persen.

Hasil ini juga membuat indeks naik 4,7 persen pada Oktober tahun lalu di 102,4, dengan optimis mengatasi pesimis.

australia-consumer-confidence

“Hasil ini memperpanjang stabilitas yang luar biasa,” kata kepala ekonom Westpac Bill Evans.

“Selama enam bulan terakhir indeks telah berada dalam kisaran 4 persen relatif ketat dengan lima dari enam pembacaan melayang tepat di atas 100 menunjukkan bahwa optimis tetap sedikit dalam keunggulan.”

Sentimen tampak telah didukung oleh penurunan suku bunga dari Reserve Bank of Australia (RBA) pada bulan Agustus dan Mei yang mengambil biaya pinjaman ke rekor terendah. Indeks sentimen bagi mereka dengan hipotek naik 2,2 persen pada Oktober menjadi 14,3 persen lebih tinggi dari tahun lalu.

Dampak dari tingkat hipotek jatuh mungkin telah ditampilkan dalam ukuran survei keuangan keluarga selama 12 bulan ke depan yang naik 0,9 persen di bulan Oktober. Harapan untuk prospek ekonomi selama 12 bulan ke depan juga naik, mendapatkan 5,8 persen.

Komponen lain dari indeks sedikit berubah, dengan keuangan keluarga dibandingkan dengan tahun lalu turun 0,4 persen, sementara kondisi ekonomi selama lima tahun ke depan tetap stabil.

Ukuran untuk waktu yang baik membeli barang-barang rumah tangga utama merosot 0,4 persen, setelah melompat pada bulan September. Itu masih naik 9,2 persen pada Oktober tahun lalu.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here