Produksi Industri Agustus Zona Eropa Rebound

411

Produksi industri zona euro naik 1,6% pada bulan Agustus menyusul 0,7% penurunan revisi bulan sebelumnya, yang awalnya dilaporkan sebagai penurunan dari 1,1%. Kenaikan ini di atas ekspektasi kenaikan 1,4% dan peningkatan tahunan sebesar 1,8% juga di atas perkiraan konsensus.

Terjadi pertumbuhan yang mantap dalam produksi energi untuk satu bulan, sementara produksi barang modal dan barang konsumsi tahan lama juga rebound dari kerugian yang signifikan pada bulan Juli.

euro-area-industrial-production-mom

Pada basis tahun-ke-tahun, ada pertumbuhan di semua sektor kecuali barang konsumen non-tahan lama, yang jatuh sedikit. Akan ada bantuan atas pertumbuhan di barang modal dan barang konsumsi tahan lama.

Ada pemulihan yang kuat dalam produksi Jerman untuk Agustus dengan produksi naik 2,5% pada bulanan, sementara pesanan baru juga diperkuat dan ada pemulihan yang kuat di ekspor. Menurut data terbaru, produksi Jerman itu bahkan lebih tinggi dengan kenaikan bulanan 3,1% dan produksi di Belanda juga rebound kuat pada bulan tersebut.

Terjadi juga keuntungan bulanan yang signifikan untuk produksi Prancis dan Italia, yang akan memberikan beberapa bantuan. Ada kehati-hatian atas data untuk Agustus mengingat risiko penyesuaian musiman rusak sebagai Agustus adalah musim puncak liburan. Setiap penurunan baru untuk bulan September akan memicu kekhawatiran baru, meskipun secara keseluruhan data meningkatkan kepercayaan dalam prospek.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here