Berita Emiten : SMGR Akan Terbitkan Obligasi Maksimal Rp.5 Triliun

620

PT Semen Indonesia Tbk berencana menerbitkan obligasi pada paruh pertama 2017 untuk mendanai akuisisi beberapa pabrik semen yang berlokasi di dalam negeri dan di luar negeri. Penerbitan obligasi tersebut diestimasi tidak akan melampaui Rp5 triliun.

Seperti diketahui, ekspansi anorganik Semen Indonesia dengan mengakuisisi pabrik semen lain yang berada di luar negeri bukan yang pertama. Pada 2012, Semen Indonesia mencaplok 70% saham Thang Long Cement Joint Stock Company (TLCC) Vietnam senilai Rp1,5 triliun.

Akuisisi pabrik semen baru akan menjadi motor pertumbuhan penjualan, baik penjualan domestik maupun mancanegara. Perseroan menargetkan pabrik semen yang akan diakuisisi tersebut berlokasi di Myanmar. Sebelumnya sejak 2013 lalu semen Indonesia telah menjajaki ekspansi ke Myanmar dengan menyiapkan dana hingga USD 200 juta.

Sementara itu, hingga akhir tahun ini Semen Indonesia membidik penjualan ekspor sebanyak 1 juta ton, melonjak dari posisi tahun lalu yang sebanyak 300 ribu ton. Beberapa Negara tujuan ekspor Semen Indonesia antara lain Vietnam, Filipina dan Timor Leste.

Secara umum, Semen Indonesia menargetkan pertumbuhan penjualan tahun ini sebesar 4%. Manajemen perseroan optimis pertumbuhan penjualan ini bisa dicapai karena tren penjualan di semester ke dua meningkat. Adapun sepanjang paruh pertama tahun ini, realisasi volume penjualan hanya tumbuh 1,2% atau sebanyak 12,37 juta ton.

Emiten dengan kode saham SMGR ini bergerak dibuka di 10.100 pagi tadi, naik 50 poin dari penutupan kemarin, lalu sempat naik ke 10.150 dan turun k 9.925 lalu naik kembali ke 10.025 pada pkl 14:28 siang hari ini.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here