Bursa Shanghai 13 Oktober Berakhir Naik Tipis Terbantu Rencana Restrukturisasi Utang BUMN Tiongkok

377
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Kamis (13/10), indeks Shanghai berakhir datar, naik tipis 2,85 poin, atau 0,09 persen, ke 3061.35. Pergerakan datar indeks Shanghai terpicu harapan reformasi pemerintah Beijing untuk upaya restrukturisasi utang perusahaan milik negara mengatasi kekuatiran merosotnya ekspor Tiongkok.

Data yang dirilis pada hari Kamis menunjukkan ekspor September Tiongkok turun 10 persen dari tahun sebelumnya, jauh lebih buruk dari yang diperkirakan, meningkatkan kekhawatiran atas kesehatan ekonomi Tiongkok.

Angka-angka yang menunjukkan melemahnya permintaan untuk barang-barang Tiongkok, memperdalam kekhawatiran atas nilai yuan, yang mencapai titik terendah enam tahun terhadap dolar AS pada Kamis.

Lihat : Ekspor September Tiongkok Anjlok 10 Persen, Surplus Perdagangan Menyusut

Namun sentimen negatif tersebut diimbangi oleh harapan bahwa perusahaan milik negara (BUMN) akan mendapat manfaat dari rencana pemerintah Beijing untuk mengurangi utang perusahaan besar melalui restrukturisasi.

BUMN Tiongkok First Heavy Industries dan First Tractor, yang telah mengumumkan rencana mereka minggu ini, keduanya melonjak 10 persen.

Investor juga masih menantikan rilis data New Yuan Loans September dan Inflasi September, yang keduanya diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak positif jika data ekonomi Tiongkok juga positif. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2969-2869 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3156-3260.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here