Dollar AS Sesi Asia 13 Oktober Naik ke Puncak Tertinggi 7 Bulan

471

Masuki perdagangan forex sesi Asia  (12/10) dollar AS kembali ambil posisi kuat menguasai pasar dengan fundamental yang meyakinkan setelah rilis risalah pertemuan FOMC semalam. Dollar naik ke posisi tertinggi dalam 7 bulan terakhir terhadap semua rival utamanya setelah 3 hari berturut rally kuat.

Risalah pertemuan FOMC bulan September menunjukkan sinyal kuat kepastian Federal Reserve akan menaikkan suku bunganya dalam waktu dekat meskipun banyak pembuat keputusan dalam pertemuan bulan lalu harapkan sinyal peningkatan ekonomi AS lebih dulu. Setelah risalah ini muncul pasar semakin optimis akan rencana Fed tahun ini untuk perketat kembali kebijakan moneternya.

Untuk penggerak fundamental hari ini dari dalam negeri akan ada data unemployment claims mingguan yang diperkirakan menunjukkan data yang lebih buruk dari periode pekan sebelumnya. Namun terdapat juga data impor negeri tersebut yang diperkirakan menunjukkan peningkatan dan ini memberikan gambaran naiknya tingkat inflasi AS periode bulan September.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama perdagangan bergerak kuat   setelah awal perdagangan sesi Asia dibuka  lebih tinggi  pada posisi 97.96 dan  kini bergerak  pada posisi  98.07. Perdagangan sebelumnya sudah kuat hingga 0,2% terhadap semua rival utamanya.

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here