Risalah Pertemuan The Fed AS Memberikan Sinyal Dovish Kenaikan Suku Bunga Waktu Dekat

732

Risalah dari pertemuan Federal Reserve Komite Pasar Terbuka September (FOMC) mengungkapkan bahwa anggota umumnya sepakat bahwa kesempatan untuk kenaikan suku bunga telah menguat. Namun tidak ada referensi khusus untuk kenaikan suku bunga pada pertemuan khusus dan nada keseluruhan sedikit lebih dovish dari yang diharapkan.

Dengan beberapa penurunan yang masih terjadi di pasar tenaga kerja dan inflasi terus menjalankan bawah target Komite, mayoritas anggota menilai bahwa untuk saat ini FOMC harus menunggu bukti lebih lanjut dari kemajuan menuju tujuan kerja maksimum dan 2% inflasi sebelum meningkatkan suku bunga.

Terkait inflasi, banyak anggota mengatakan bahwa ada beberapa tanda-tanda tekanan inflasi yang muncul sementara kemajuan memenuhi target inflasi telah lambat.

Dua anggota menekankan bahwa pendekatan hati-hati itu dibenarkan mengingat bahwa tarif yang dekat dengan efektif batas bawah. Tiga anggota, yang tidak setuju terhadap keputusan menahan suku bunga, memperingatkan bahwa menunda kenaikan tarif terlalu lama bisa mendorong pengangguran nyata di bawah tingkat alami dan panitia kemudian mungkin perlu mengetatkan kebijakan lebih cepat yang akan menimbulkan ancaman bagi ekspansi ekonomi.

Dua anggota juga menyatakan kekhawatiran bahwa menunda komunikasi langkah-langkah menuju penghapusan bertahap akomodasi akan merusak kredibilitas Fed.

Ada ketidaksepakatan atas memasukkan ayat yang menyatakan kesempatan untuk kenaikan suku bunga telah diperkuat. Beberapa anggota khawatir bahwa ini akan menunjukkan faktor waktu dalam meningkatkan suku bunga daripada Fed menjadi dependen data.

Risalah keseluruhan tidak menyinggung potensi untuk kenaikan suku bunga pada pertemuan November atau Desember dan konten yang tidak mungkin untuk memicu meningkatnya harapan bahwa Fed akan meningkatkan tingkat pada bulan Desember. Meskipun ini masih terlihat seperti kemungkinan kuat. Fed Fund berjangka sudah dihargai dalam kesempatan 70% untuk kenaikan.

 

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here