Bursa Eropa Bergerak Naik Terdorong Data Inflasi dan Harga Produsen Tiongkok

407

Bursa Saham Eropa bergerak lebih tinggi di perdagangan hari Jumat (14/10) setelah data inflasi dan harga produsen lebih kuat dari yang diperkirakan dari Tiongkok memberikan sentimen positif prospek pertumbuhan global.

Indeks FTSE berada pada 7.025,26, naik 47,52 poin atau 0,68%

Indeks DAX berada pada 10.537,04, naik 122,97 poin atau 1,18%

Indeks CAC berada pada 4.464,44, anik 59,27 poin atau 1,35%

Indeks IBEX 35 berada pada 8.743,50, naik 134,80 poin atau 1,57%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,88 persen dengan semua bursa utama di wilayah positif.

Harga produsen di ekonomi terbesar kedua di dunia menuju yang lebih tinggi untuk pertama kalinya dalam hampir lima tahun, mengimbangi sentimen negatif yang dihasilkan Kamis oleh merosotnya data ekspor Tiongkok.

Lihat : Inflasi Tiongkok September Meningkat, Harga Produsen Tertinggi Hampir 5 Tahun

Pasar sekarang melihat ke depan untuk laporan penjualan ritel September Jumat dan laporan sentimen konsumen University of Michigan selain pidato Ketua Fed Janet Yellen untuk petunjuk lebih lanjut apakah kenaikan suku bunga AS kemungkinan sebelum akhir tahun.

Minyak mentah bergerak lebih tinggi setelah memantul semalam setelah rilis data pemerintah menunjukkan penarikan kuat di bahan bakar diesel dan bensin.

Data Tiongkok positif membantu meningkatkan sektor sumber daya dasar, yang melemah Kamis. Saham pertambangan juga dibantu oleh peringkat broker yang positif.

Saham Rio Tinto, Anglo American dan BHP Billiton semua menerima target harga yang naik dari Jefferies.

Sentimen positif terhadap para penambang membantu mendorong indeks FTSE 100 kembali di atas level 7.000.

Sektor otomotif juga dalam fokus bagi investor setelah data dari Asosiasi Produsen Mobil Eropa  menunjukkan penjualan mobil baru di Uni Eropa naik 7,3 persen pada September.

Renault membukukan kenaikan terbesar di antara perusahaan-perusahaan besar, diikuti oleh Fiat Chrysler. Kedua saham diperdagangkan di wilayah positif.

Di tempat lain, Man Group mengakuisisi Aalto, manajer investasi aset untuk $ 25 juta. Perusahaan juga mencatat kenaikan 6 persen dana kelolaan dalam tiga bulan hingga September 30. Saham lebih dari 13 persen lebih tinggi.

Saham SFR Perancis rally setelah Altice mengatakan telah membeli saham 5,21 persen di perusahaan, menaikkan kepemilikan keseluruhan dari perusahaan di atas 82 persen.

Sektor perbankan adalah salah satu pemain top pada hari Jumat dibantu oleh kenaikan saham pemberi pinjaman Italia.

Banco Popolare adalah positif setelah mengatakan bahwa mereka telah menjual kredit macet senilai € 618.000.000. Saham Banca Popolare di Milano juga lebih tinggi menjelang pertemuan pemegang saham tentang rencana merger dengan Banco Popolare.

Sementara itu, Deutsche Bank telah melihat beberapa arus keluar dari bisnis manajemen kekayaan tetapi belum signifikan, Reuters melaporkan, mengutip pernyataan eksekutif senior di pemberi pinjaman Jerman tersebut.

Malam nanti akan dirilis data Retail Sales September dan Michigan Consumer Sentiment Oktober, yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir akan menguatkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif jika bursa Wall Street menguat. Juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here