RBA : Sistem Perbankan Australia Kuat Menahan Tantangan Domestik dan Global

349

Kelebihan kapasitas di Tiongkok, sektor perbankan melemah di Eropa dan risiko untuk pengembangan properti domestik dan sektor terkait sumber daya adalah beberapa tantangan yang dihadapi ekonomi Australia, Reserve Bank of Australia (RBA) mengatakan dalam  biannual Financial Stability Review.

Meskipun kondisi ini menjadi peringatan, RBA percaya sistem perbankan Australia cukup kuat untuk menahan tantangan domestik dan global.

“Ke depan, lingkungan peraturan untuk sektor keuangan global terus memperkuat unsur-unsur sebagai lebih lanjut kerangka modal dan likuiditas dari Basel III dilaksanakan. Upaya kini bergeser ke penilaian pengaruh dari reformasi ini pada sistem keuangan dan ekonomi yang lebih luas, “kata RBA.

Basell III adalah kerangka peraturan global yang komprehensif yang dikembangkan untuk memperkuat regulasi, pengawasan dan manajemen risiko di sektor keuangan. Secara khusus, sesuai dengan ketahanan modal bank, risiko likuiditas mengelola pasar dan stress testing dari lembaga keuangan besar.

RBA juga mengatakan bahwa risiko rumah tangga telah berkurang sejak Ulasan April. Risiko telah bergeser ke arah pengembangan properti.

Investasi asing di pasar perumahan Australia sedang melambat, menurut survei  ANZ-Property Council terbaru. Saham pembeli asing dari total penjualan properti menurun sederhana pada kuartal keempat tahun lalu, terutama di sektor perumahan.

Namun, permintaan luar negeri di real estate Aussie diperkirakan tetap kuat berkat ekonomi domestik yang solid dan pertumbuhan harga yang menarik. GDP Australia diperluas 0,5% pada kuartal kedua, menyusul pertumbuhan 1,1% dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here