Stoxx Europe600 Naik 1,2%, Komoditas Naik Kecuali Emas

638

Stoxx Europe 600 Index naik 1,2 persen pada 10:11 di London, harga saham Rio Tinto Group dan BHP Billiton Ltd memberikan kontribusi paling banyak dari sektor produsen komoditas. MSCI Emerging Markets Index naik 0,6 persen.

Man Group Plc melonjak 16 persen, terbai dalam hampir enam tahun, setelah membukukan kenaikan 6 persen dana kelolaan untuk kuartal tersebut, juga didukung oleh pengumuman bahwa perusahaan ini akan melakukan pembelian kembali saham dan juga karena pernyataan perusahaan yang akan mengakuisisi Aalto Invest Holding AG.

Syngenta AG turun 2 persen karena adanya spekulasi bahwa rencana pengambilalihan saham senilai $ 43 triliun oleh China National Chemical Corp bisa terganggu karena adanya isu yang mengatakan bahwa pemerintah Tiongkok berencana untuk menggabungkan perusahaan ini dengan Sinochem Group. Di Shanghai, ChemChina’s Aeolus Tyre Co naik 3,8 persen dan Sinochem International Corp melonjak 10 persen.

Banco Popolare SC dan Banca Popolare di Milano SCARL naik yang paling di antara bank-bank Eropa terbesar pada optimisme bahwa pemegang saham akan akhir pekan ini kembali merger mereka untuk membuat pemberi pinjaman terbesar ketiga Italia.

Yen melemah terhadap 16 mata uang utama, turun 0,5 persen menjadi 104,21 per dolar. The Bloomberg Spot Indeks Dollar naik 0,2 persen, memperpanjang penguatannya untuk pekan ini menjadi 0,7 persen. Pound jatuh, memperpanjang penurunan untuk bulan Oktober ini menjadi hampir 5,7 persen.

Baht Thailand dipimpin mata uang emerging-market yang lebih tinggi, mendapatkan 0,9 persen, yang paling dalam setahun dan pengupas geser pekan ini menjadi 1,1 persen. SET Index naik 4,2 persen setelah merosot selama tiga hari pertama dalam minggu itu.

Minyak naik 1,1 persen menjadi $ 50,97 per barel. Persediaan minyak mentah di Cushing, Oklahoma, jatuh ke level terendah sejak Desember, menurut laporan Energy Information Administration pada hari Kamis kemarin.

Saham-saham dari sektor industri logam secara luas menguat di bursa Shanghai dan London. Aluminium di Tiongkok naik ke level tertinggi dalam hampir lima bulan.
Emas tergelincir di perdagangan London, setelah mengalami keuntungan sampai dengan hari Kamis kemarin.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here