Bursa Shanghai 17 Oktober Berakhir Merosot Terganjal Anjloknya Yuan

306
bursa shanghai
Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok awal pekan Senin (17/10), indeks Shanghai berakhir turun -22,56 poin, atau -0,74 persen, ke 3041.24. Pelemahan indeks Shanghai tergerus kekuatiran pelemahan Yuan yang turun terendah 6 tahun.

Indeks mengakhiri sesi pagi kira-kira datar, tetapi mulai meluncur pada sore hari karena indeks saham B Shanghai anjlok lebih dari 6 persen.

Anjloknya saham B terjadi di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang nilai yuan, yang menyentuh terendah enam tahun terhadap dollar AS pada hari Senin.

Yuan Tiongkok melemah pada Senin (17/09) karena dolar AS menguat lagi, namun para pedagang ragu-ragu untuk membeli dollar AS di tengah kekhawatiran bank sentral mungkin mencoba untuk menghentikan penurunan mata uang Tiongkok.

Indeks dolar global, yang mengukur kekuatan dolar, naik, menyebabkan bank sentral Tiongkok untuk melemahkan tingkat bimbingan resmi untuk yuan ke posisi terendah enam tahun baru.

Lihat : Yuan Tiongkok Merosot Terendah 6 Tahun

Saham B yang berdenominasi dolar dari saham perusahaan Tiongkok, dengan demikian rentan terhadap depresiasi yuan lebih lanjut.

Investor juga terfokus pada data ekonomi yang akan dirilis pekan ini, termasuk PDB, pasokan uang, pertumbuhan kredit, investasi perkotaan, produksi industri dan penjualan ritel.

Didukung oleh belanja pemerintah yang lebih tinggi dan booming perumahan, ekonomi China kemungkinan tumbuh 6,7 persen pada kuartal ketiga dari tahun sebelumnya, kecepatan yang sama seperti pada kuartal sebelumnya, menurut jajak pendapat Reuters ekonom pada data PDB yang akan dirilis pada hari Rabu.

Semua sektor utama jatuh, dengan saham real estate memimpin penurunan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak positif jika data ekonomi Tiongkok juga positif. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2955-2855 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3137-3232.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here