Bursa Tokyo 17 Oktober Naik Terdukung Pelemahan Yen dan Peningkatan Produksi Industri

329
Photo by Vibizmedia

Di akhir perdagangan bursa saham Jepang Senin (17/10), indeks Nikkei ditutup naik 43,75 poin, atau 0,26 persen, ke 16,900.12. Penguatan indeks Nikkei terdukung pelemahan Yen dan penguatan produksi industri.

Yen Jepang diperdagangkan pada 104,20 terhadap dolar pada 2:24 HK / SIN, dibandingkan dengan tingkat di bawah 103,80 pada minggu sebelumnya.

Saham eksportir utama ditutup sebagian besar lebih tinggi. Saham Toyota naik 0,62 persen, saham Nissan naik 0,22 persen dan saham Mitsubishi Electric menambahkan 2,39 persen. Saham Honda turun 0,1 persen, sementara saham Sony jatuh 0,38 persen.

Pelemahan yen biasanya positif bagi eksportir karena akan meningkatkan keuntungan mereka di luar negeri bila dikonversi kembali ke mata uang lokal.

Kenaikan indeks juga didukung dengan reboundnya produksi industri Jepang.

Produksi industri Jepang diperluas tajam pada bulan Agustus, demikian data akhir yang dikonfirmasi pada hari Senin (17/10).

Produksi industri naik 1,3% dari bulan Juli, menyusul penurunan 0,4%, demikian rilis Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang mengatakan dalam sebuah estimasi akhir. Data awal bulan lalu menunjukkan peningkatan 1,5%.

Lihat : Produksi Industri Agustus Jepang Rebound Tinggi

Demikian juga meningkatnya optimisme produsen besar Jepang memberikan dorongan penguatan indeks.

Kepercayaan produsen Jepang naik untuk bulan kedua berturut-turut ke level tertinggi setengah tahun pada bulan Oktober, sebuah jajak pendapat Reuters menunjukkan, sementara sentimen di sektor jasa mencapai level terendah 3,5 tahun, menyoroti sifat yang tidak merata dari pemulihan ekonomi.

Indeks sentimen bagi produsen naik menjadi 10 dari 5 di September, didorong oleh industri bahan dan perusahaan pengolahan makanan, yang diuntungkan dari biaya impor yang lebih rendah yang berasal dari keuntungan dalam yen dan penurunan harga komoditas

Lihat : Optimisme Produsen Jepang Oktober Naik 2 Bulan Berturut

Sedangkan untuk indeks Nikkei berjangka terpantau naik 30,00 poin atau 0,18 persen pada 16,880, naik dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya pada 16,850.

Malam nanti akan dirilis data Produksi Industri dan Produksi Manufaktur bulan September yang diperkirakan meningkat. Jika terealisir dapat membantu mengangkat bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei akan bergerak positif dengan meningkatnya data produksi industri Jepang dan penguatan bursa Wall Street jika terealisir menguat. Namun juga akan mencermati pergerakan mata uang Yen. Secara teknikal Indeks Nikkei akan bergerak dalam kisaran Support 16,387-15,894, dan kisaran Resistance 17,397-17,890.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here