Harga Produsen September AS Naik Tertinggi Hampir 2 Tahun

516

Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan pada hari jumat indeks harga produsen untuk permintaan akhir meningkat 0,3 persen bulan lalu setelah tidak berubah pada bulan Agustus.

Dalam 12 bulan hingga September, PPI melonjak 0,7 persen, kenaikan terbesar sejak Desember 2014. PPI datar dalam 12 bulan hingga Agustus.

 

united-states-producer-prices

Hasil ini  menyarankan kenaikan inflasi, dengan harga produsen naik secara luas bulan lalu untuk mencatat kenaikan terbesar mereka tahun-ke-tahun sejak Desember 2014. Laporan adalah indikasi terbaru bahwa ekonomi kembali meraih momentum pada kuartal ketiga setelah kinerja semester pertama loyo.

united-states-producer-prices-change

Kenaikan 0,7 persen dalam biaya barang, termasuk energi, menyumbang lebih dari tiga perempat dari kenaikan harga permintaan akhir.

Harga produsen yang meningkat setelah beberapa hambatan dari lonjakan dolar sebelumnya mulai mereda. Rally dolar tampaknya telah mencapai puncaknya pada awal tahun ini dan harga minyak setelah didorong dari posisi terendah multi-dekade, yang ekonom mengharapkan dapat memungkinkan inflasi secara bertahap naik menuju target 2 persen Fed.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here