Penjualan Ritel September AS Rebound

540

Penjualan ritel AS rebound pada bulan September di tengah lonjakan pembelian kendaraan bermotor dan kenaikan pengeluaran diskresioner, menunjuk ke permintaan yang mantap yang memperkuat ekspektasi kenaikan suku bunga dari Federal Reserve pada bulan Desember.

Departemen Perdagangan AS mengatakan penjualan ritel naik 0,6 persen setelah turun 0,2 persen pada Agustus. Penjualan naik 2,7 persen dari tahun lalu.

 

united-states-retail-sales

Termasuk mobil, bensin, bahan bangunan dan jasa makanan, penjualan ritel naik 0,1 persen bulan lalu, membalikkan penurunan 0,1 persen di bulan Agustus. Ini disebut penjualan ritel inti sesuai paling dekat dengan komponen belanja konsumen dari produk domestik bruto.

united-states-retail-sales-annual

Penjualan ritel bulan September didorong oleh lonjakan 1,1 persen dalam penjualan mobil. Ada juga kenaikan kuat dalam penjualan di mebel dan bangunan toko material. Penjualan online juga naik, memotong penjualan di department store tradisional, yang meninggalkan tanda terima di gerai pakaian datar.

Penjualan di restoran dan bar menguat 0,8 persen, kenaikan terbesar sejak Februari, dan penerimaan di barang olahraga dan toko hobi naik 1,4 persen, menunjuk ke pengeluaran diskresioner yang kuat.

Meskipun keuntungan kecil dalam penjualan ritel inti bulan lalu menunjukkan moderasi dalam belanja konsumen dari kuat 4,3 persen tingkat tahunan kuartal kedua ini, ekonom mengatakan mereka memperkirakan konsumsi tumbuh sekitar kecepatan yang masih kokoh 2,8 persen pada kuartal ketiga.

Para ekonom telah memperkirakan penjualan ritel secara keseluruhan meningkat 0,6 persen dan penjualan inti memajukan 0,4 persen bulan lalu.

Laporan penjualan ritel menambahkan data optimis sebelumnya tentang pasar tenaga kerja dan survei sektor jasa manufaktur dan yang telah menyarankan pertumbuhan ekonomi naik di kuartal ketiga.

Perkiraan pertumbuhan untuk kuartal ketiga saat ini setinggi tingkat 2,6 persen. Ekonomi tumbuh pada kecepatan 1,4 persen pada kuartal kedua.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here