Tingkat Pengangguran September Stabil, Lowongan Pekerjaan Hong Kong Meningkat

616

Tingkat pengangguran yang disesuaikan secara musiman di Hong Kong datang pada 3,4 persen dalam tiga bulan hingga September 2016, tidak berubah dari periode sebelumnya. Tingkat pengangguran juga stabil di 1,4 persen.

Membandingkan tiga bulan hingga Agustus 2016 dengan periode sebelumnya, pengangguran (tidak musiman disesuaikan) meningkat sekitar 2400 menjadi 141200. Selama periode yang sama, jumlah orang yang menganggur juga meningkat sekitar 400 menjadi 55900.

hong-kong-unemployment-rate

Mutasi tingkat pengangguran (tidak musiman disesuaikan) di sektor industri yang berbeda bervariasi. Meningkat terutama terlihat pada sektor layanan profesional dan bisnis (tidak termasuk pembersihan dan kegiatan serupa), sementara penurunan terutama terlihat di sektor konstruksi.

Untuk tingkat setengah pengangguran, kenaikan terutama diamati pada sektor pondasi dan konstruksi bangunan karya dan sektor ritel sedangkan penurunan terutama terlihat pada sektor makanan dan minuman, sektor kegiatan pelayanan dan seni, hiburan, dan sektor rekreasi.

Total lapangan kerja meningkat sekitar 5400 dari 3811400 pada Mei-Juli 2016, menjadi 3816800 pada bulan Juni – Agustus 2016. Selama periode yang sama, tenaga kerja juga meningkat sekitar 7700 dari 3950300, menjadi 3958000.

Mengomentari angka pengangguran terbaru, Sekretaris Tenaga Kerja dan Kesejahteraan, Matthew Cheung Kin-chung, mengatakan: “Tingkat pengangguran dari segmen konsumsi dan pariwisata yang berhubungan (ritel, akomodasi dan jasa makanan secara keseluruhan) naik tipis dengan 0,1 persentase poin selama periode sebelumnya menjadi 5,3% pada bulan Juli -. September 2016. Pada perbandingan tahunan, tingkat pengangguran 0,7 persen lebih tinggi dalam segmen, sektor ritel terutama terpukul oleh lemahnya pasar konsumsi lokal, dengan tingkat pengangguran yang naik 0,9 persentase poin lebih dari setahun sebelumnya menjadi 5,5%. ”

Pada prospek jangka pendek: “Sementara pasar tenaga kerja telah tinggal tangguh sepanjang tahun ini, prospek kerja jangka pendek tetap dibayangi oleh goyahnya lingkungan eksternal dan pertumbuhan moderat ekonomi lokal”.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here