Harga Emas Akan Naik Lebih Tinggi Lagi, Apa Sebabnya?

2275

Salah satu dari negara pengkonsumsi emas terbesar di dunia diperkirakan akan memiliki permintaan “bullion “ yang tetap kokoh pada tahun ini dan tahun depan, menurut salah satu dari direktur regional dari World Gold Council (WGC), sebagaimana yang dikatakan dalam Kitconews.

Di dalam interview dengan Reuters, disela-sela konferensi tahunan dari London Bullion Market Association (LBMA) di Singapore, Roland Wang, managing director WGC China berkata bahwa dewan emas ini memperkirakan total permintaan emas Cina berada diantara 900 sampai 1000 ton untuk tahun 2016 dan 2017.

Perkiraan WGC untuk permintaan emas di tahun 2016 dan 2017 secara relatif juga masih sesuai dengan permintaan pada tahun 2015 dimana dewan emas dunia ini mencatat total permintaan emas dunia pada tahun lalu adalah sebanyak 981.50 ton.

Namun, Wang menambahkan bahwa permintaan domestik Cina bukannya tidak ada hambatan. Di dalam interviewnya Wang mengatakan,”kemungkinan akan menghadapi beberapa tantangan terutama di sisi emas perhiasan dan juga masih tergantung kepada berapa harga emas dan situasi ekonomi Cina sendiri”.

Permintaan emas dari Cina telah merupakan hal yang terdepan dan pusat pada beberapa minggu terakhir dengan para analis memperkirakan minat dari para konsumen meningkat karena harga emas sudah jatuh sampai lebih dari 4% sejak permulaan bulan.

Para analis juga mencata bahwa kuartal keempat secara tradisionil dipandang sebagai bulan yang penting untuk permintaan emas Asia seperti konsumen emas India membeli perhiasan emas menjelang pesta perayaan Diwali, yang akan dimulai pada tanggal 30 Oktober dan dari konsumen emas Cina menjelang Lunar New Year di awal tahun depan.

Setelah memulai tahun ini dengan kurang bergairah, Wang mencatat permintaan emas perhiasan di Cina telah mulai naik kembali sejak akhir bulan September dengan para investor mencari alternatif investasi dan mengatasi pelemahan Yuan. Pada minggu lalu, nilai tukar Yuan terhadap dolar AS turun ke level enam tahun terendah.

Permintaan emas Cina selama ini berada dibelakang dengan permintaan yang belum pernah ada sebelumnya telah mendorong harga emas naik ke 13 bulan tinggi pada musim panas ini.

Walaupun harga emas sekrang turun dari ketinggian di bulan Juli, emas masih menjadi salah satu assets dengan performance terbaik pada tahun ini dengan harganya masih naik hampir 19% pada tahun ini.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here