Produksi Industri Tiongkok Melemah, Penjualan Ritel dan Investasi Aset Tetap Meningkat

380

Pertumbuhan produksi industri Tiongkok melemah tak terduga pada September, sementara langkah-langkah yang luas dari belanja konsumen dan investasi aset tetap meningkat, memberikan gambaran campuran ekonomi terbesar kedua di dunia pada akhir kuartal ketiga.

Produksi industri, ukuran luas produksi pabrik, naik pada tingkat tahunan 6,1% pada September dari tahun sebelumnya, Biro Statistik Nasional melaporkan Rabu (19/10) di Beijing. Produksi industri naik 6,3% pada bulan Agustus.

Penjualan ritel, pengukur pengeluaran swasta dan pemerintah, meningkat naik 10,7% secara tahunan, menyusul peningkatan Agustus 10,6%.

Sebuah ukuran terpisah dari investasi aset tetap tahunan, pemicu untuk belanja jangka panjang, meningkat 8,2% pada periode Januari-September. Investasi perkotaan diadakan di dekat posisi terendah 16-tahun pada tahun hingga Agustus.

Para ekonom memperkirakan produksi industri, penjualan ritel dan investasi aset tetap tumbuh 0,1 persentase poin lebih cepat pada bulan September.

Biro statistik juga melaporkan Rabu bahwa produk domestik bruto (PDB) diperluas pada 6,7% pada kuartal ketiga secara tahunan, menyusul kenaikan 6,7% di masing-masing dua kuartal pertama. Analis memperkirakan 6,7% kenaikan. Sementara angka ini dalam kisaran target tahunan Beijing, analis memperkirakan pertumbuhan moderat menuju ke 2017. Pertumbuhan didinginkan ke rendah 25 tahun pada tahun 2015.

Lihat : Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Q3 Stabil 6,7 Persen

Perlambatan Tiongkok sebagian besar telah dikaitkan dengan permintaan global yang lemah dan sektor industri menyusut, yang menurut perhitungan 2014 masih mewakili sekitar sepertiga dari produksi ekonomi. Belanja konsumen, yang dimaksudkan untuk membantu mengimbangi menurunnya di industri manufaktur berat, telah tumbuh pada kecepatan tahunan dua digit selama bertahun-tahun. Namun, pertumbuhan melambat secara signifikan sejak 2013.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here