Existing Home Sales September AS Meningkat

409

Kenaikan penjualan rumah bulan lalu mengisyaratkan stabilisasi di sektor perumahan AS meski tekanan terus dari persediaan yang ketat dan kenaikan harga.

Penjualan rumah yang sebelumnya dimiliki naik 3,2% dari Agustus ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 5,47 juta pada bulan September, National Association of Realtors mengatakan Kamis (21/10).

united-states-existing-home-sales

Hasil ini melebihi ekspektasi ekonom untuk kenaikan lebih sederhana untuk tingkat penjualan 5,35 juta.

Pasokan tersedia adalah 2,04 juta, turun 6,8 persen dari tahun lalu. Persediaan ketat mendorong rata-rata harga rumah yang ada naik 5,6 persen dari tahun lalu menjadi $ 234,200. Para investor institusional yang memborong rumah dalam beberapa tahun terakhir terus menyewadaripada menempatkan mereka di pasar. Selain itu, homebuilders belum agresif melakukan konstruksi.

Pasar perumahan tetap di bawah tekanan dari persediaan yang ketat, dengan sulitnya terjangkau mendorong harga lebih tinggi. Di laju penjualan terbaru, itu akan mengambil 4,5 bulan untuk menguras pasokan rumah yang sebelumnya dimiliki di pasar, turun dari 4,8 bulan pada September 2015.

Tapi pembeli, banyak dari mereka membeli rumah pertama mereka, telah terpikat ke pasar dengan tingkat hipotek yang tetap dekat terendah dalam sejarah.

Penjualan rumah yang sebelumnya dimiliki pada bulan September naik 0,6% dari tahun sebelumnya.

Secara umum, laporan Kamis menawarkan tanda-tanda peningkatan kesehatan di pasar perumahan. Pembeli rumah pertama kali menyumbang 34% dari penjualan September, naik dari 31% pada bulan Agustus dan pencocokan level tertinggi sejak Juli 2012. Pada saat yang sama, penyitaan dan penjualan pendek mundur, hanya 4% dari pembelian September, yang disebut tekanan penjualan, merayap turun dari 5% bulan sebelumnya.

Pemulihan berkepanjangan pasar perumahan AS menyusul resesi 2007-09 adalah kontributor yang kuat untuk pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan dalam beberapa tahun terakhir. Tapi mundurnya investasi perumahan selama kuartal kedua, setelah delapan kuartal berturut-turut pertumbuhan, bertindak sebagai hambatan pada ekonomi yang lebih luas.

Pejabat Federal Reserve bulan lalu menilai bahwa “kelesuan di sektor perumahan tampaknya terus ke kuartal ketiga,” menurut risalah dari pertemuan kebijakan Fed 20-21 September yang dirilis pekan lalu.

Data terbaru menunjukkan kelemahan dalam konstruksi bangunan apartemen dan struktur multifamily lainnya, seimbang dengan meningkatnya investasi di perumahan keluarga tunggal. Izin yang dikeluarkan untuk bangunan dengan lima atau lebih unit hunian turun 11,6% dalam sembilan bulan pertama 2016 dibandingkan tahun sebelumnya, sementara izin untuk rumah keluarga tunggal baru naik 8,1% dibandingkan periode yang sama, Departemen Perdagangan mengatakan Rabu.

Penjualan baru rumah keluarga tunggal, yang mencakup sepotong kecil dari pasar secara keseluruhan, naik 13,3% dalam delapan bulan pertama tahun dibandingkan dengan periode yang sama pada 2015, menurut badan tersebut.

Biaya pinjaman tetap rendah untuk calon pembeli rumah yang memenuhi syarat untuk pinjaman. Tingkat bunga rata-rata 30 tahun hipotek suku bunga tetap pada bulan September adalah 3,46%, naik sedikit dari 3,44% dua bulan sebelumnya tapi jauh di bawah rata-rata September 2015 pada 3,89%.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here