Penjualan Rumah Baru September AS Meningkat 3 Persen

329

Penjualan rumah baru keluarga tunggal AS naik tak terduga pada bulan September, terdukung permintaan berkelanjutan untuk perumahan.

Departemen Perdagangan AS menyatakan penjualan rumah baru meningkat 3,1 persen ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 593.000 unit bulan lalu, menarik mereka dekat dengan tertinggi sembilan tahun yang dicapai pada bulan Juli. Namun, kecepatan untuk tiga bulan sebelumnya direvisi turun dengan total 85.000 unit dari perkiraan sebelumnya.

united-states-new-home-sales

Penjualan rumah baru, yang berasal dari izin bangunan, yang tidak stabil secara bulan ke bulan dan lemah pada revisi besar. Penjualan meningkat 29,8 persen dari tahun lalu.

Para ekonom telah memperkirakan penjualan rumah keluarga tunggal, yang mencapai sekitar 9,8 persen dari penjualan rumah secara keseluruhan, jatuh ke tingkat 600.000 unit bulan lalu.

Meskipun revisi ke bawah, penjualan rumah baru naik pada kuartal ketiga dibandingkan dengan periode April-Juni. Namun konstruksi perumahan kemungkinan tetap menjadi hambatan ringan pada produk domestik bruto untuk kuartal berturut-turut.

Menurut survei ekonom Reuters, PDB mungkin meningkat pada tingkat 2,5 persen pada kuartal ketiga, mempercepat dari 1,4 persen kecepatan kuartal kedua ini.

Meskipun meningkatnya permintaan untuk perumahan, pembangunanan rumah telah tertinggal, dengan pembangun mengeluh tentang kekurangan tanah dan tenaga kerja. Permintaan yang didorong oleh meningkatnya upah sebagai pasar tenaga kerja mendekati kesempatan kerja penuh, serta dengan suku bunga KPR yang rendah.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here