Harga Gula ICE Akhir Bulan Merosot; Bulan Oktober Anjlok 6 Persen

241

Harga gula berjangka di bursa komoditas ICE Futures New York Selasa dini hari (01/11) berakhir lemah terpicu tindakan spekulan yang memotong posisi panjang bullish.

Commodity Futures Trading Commission terbaru menunjukkan bahwa spekulan sekali lagi memotong taruhan bullish mereka pada gula, menurunkan ukuran posisi bersih jangka panjang mereka.

Berita penurunan produksi Brazil gagal menghentikan penurunan harga. Para analis telah mengantisipasi produksi gula di paruh pertama bulan Oktober mencapai 2,3 juta ton di wilayah pusat-selatan Brasil, yang menghasilkan 90% dari tebu negara. Brasil adalah produsen terbesar di dunia dari gula mentah.

Kelompok industri Brasil Unica mengatakan pabrik pusat-selatan menghancurkan 32 juta metrik ton tebu, penurunan sebesar 11,9% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Pada penutupan perdagangan dini hari tadi harga gula berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak Maret 2017 terpantau mengalami penurunan. Harga gula berjangka paling aktif tersebut ditutup merosot sebesar -0,59 sen atau setara dengan -2,66 persen pada posisi 21,57 sen per pon.

Selama bulan Oktober, harga gula merosot tajam -6,22 persen, sebagian besar terpicu penguatan dollar AS, profit taking dan pelemahan minyak mentah.

Malam nanti akan dirilis data ISM Manufacturing PMI dan Markit Manufacturing PMI Oktober, yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir berpotensi menguatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga gula kasar berjangka di New York  pada perdagangan selanjutnya berpotensi melemah dengan penguatan dollar AS. Harga gula kasar berjangka di ICE Futures New York berpotensi mengetes level Support pada posisi 21,10 sen dan 20,60 sen. Sedangkan level Resistance yang akan diuji jika terjadi kenaikan harga ada pada posisi 22,10 sen dan 22,60 sen per pon.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here