Meski Penguatan Rupiah Selasa Terbatas, 492 Miliar Banjiri Bursa

541

Mengakhiri perdagangan pasar valas tanah air (1/11) rupiah yang dibuka lebih rendah dari perdagangan sebelumnya bergerak positif dalam penguatan terbatas di tengah penguatan dollar AS terhadap banyak rival utamanya. Rupiah juga masih mampu menguat meski BI lemahkan kurs referensinya. Demikian juiga  sepanjang bulan Oktober alami penguatan tipis lawan dollar setelah bulan sebelumnya menguat signifikan.

Pergerakan rupiah yang menguat terbatas  membuat arus modal asing masuk bursa lebih besar dari arus keluar sehingga  net buy asing sepanjang hari  mencapai   Rp492 miliar lebih.  Namun sumbangan modal asing ini tidak dapat membuat  IHSG terangkat yang turun 0,1%.

Lihat: IHSG 1 November Berakhir Turun, Namun Raih 492 Miliar Dana Asing

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini masih bergerak positif dengan posisi penguatan  0,01% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13047/US$ setelah  dibuka kuat  pada level Rp13036/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini   diperkuat  dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  lebih kuat di 13036 dari perdagangan sebelumnya  di 13051, demikian kurs transaksi antar bank juga diperkuat  ke 13101 dari  perdagangan sebelumnya 13092.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari diperkirakan  dibuka positif   meski proyeksi laju dollar AS  tetap kuat  hingga akhir perdagangan sesi Amerika malam ini.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here