Pertumbuhan Manufaktur Jepang Oktober Naik Tertinggi 9 Bulan

526

Aktifitas manufaktur Jepang tumbuh pada laju tercepat dalam sembilan bulan pada bulan Oktober dengan produksi dan ekspor pesanan baru naik, demikian survei bisnis swasta menunjukkan pada hari Selasa (01/11), menawarkan beberapa harapan untuk penguatan ekonomi.

Indeks Final Markit / Nikkei Manufacturing Purchasing Managers (PMI) Jepang adalah 51,4 secara musiman disesuaikan. Pada pembacaan awal 51,7 dan 50,4 akhir di bulan sebelumnya.

japan-manufacturing-pmi

Indeks tetap di atas ambang 50 yang memisahkan ekspansi dari kontraksi untuk bulan kedua dan menunjukkan bahwa aktifitas diperluas pada tercepat sejak Januari.

Indeks produksi adalah 53,3 pada bulan Oktober, kurang dari pembacaan awal 53,7 tetapi masih di atas 50,8 pada bulan sebelumnya, menunjukkan produksi tumbuh di laju tercepat sejak Desember.

Indeks akhir untuk pesanan baru adalah 50,8, versus awal 51,3 dan 49,6 pada bulan sebelumnya, menandai ekspansi pertama dalam sembilan bulan. Ekspor pesanan baru menunjukkan kenaikan mantap.

Data pemerintah tentang ekspor dan belanja rumah tangga menunjukkan pertumbuhan ekonomi Jepang telah lemah pada bulan Juli-September, sehingga survei PMI bisa menunjukkan percepatan pertumbuhan pada bulan Oktober-Desember.

Produsen juga menambahkan pekerjaan baru di laju terkuat sejak April 2014, setelah penciptaan lapangan kerja marjinal selama musim panas, survei menunjukkan.
Pertumbuhan ekonomi Jepang sudah loyo untuk tahun ini sebagai pengeluaran konsumen dan ekspor sebagian besar melemah.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here