Tingkat Pengangguran Zona Eropa Bulan September Stabil

365

Tingkat pengangguran zona Eropa tidak berubah pada 10,0% untuk September dari Agustus, yang direvisi turun dari angka semula yang dilaporkan 10,1%. Data ini sejalan dengan ekspektasi pasar dan dibandingkan dengan tingkat 10,6% pada bulan September 2015.

Ini juga merupakan tingkat pengangguran terendah sejak Juni 2011, yang akan meningkatkan kepercayaan jangka pendek dalam prospek zona Eropa.

Tingkat terendah dalam zona Eropa berada di Jerman pada 4,1% dan ada penurunan lanjut dalam data Oktober Jerman yang dirilis kemarin. Data Yunani terbaru yang tersedia untuk Juli mencatatkan rekor tingkat 23,2% dengan tingkat pengangguran Spanyol di 19,3%.

Ada penurunan lebih lanjut dalam pengangguran kaum muda untuk 20,3% dari 20,6% sebelumnya dan juga turun dari tingkat 22,2% terlihat pada bulan September 2015. Masih akan ada tingkat tinggi kekhawatiran atas kelemahan struktural, terutama dengan pemuda pengangguran di Yunani dan Spanyol masih di atas 40%.

Telah ada peningkatan yang stabil dalam tingkat pengangguran selama beberapa bulan terakhir dan survei PMI terbaru juga menunjukkan bahwa perusahaan yang hati-hati meningkatkan lapangan kerja. Ada juga telah terjadi peningkatan secara keseluruhan dalam tingkat pertumbuhan zona Eropa dan keyakinan meningkat dalam jangka pendek.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here