Fed Fischer : AS Memiliki Tahun Baik Untuk Pasar Tenaga Kerja

340

Dalam komentar pada hari Jumat (04/11), Wakil Ketua Federal Reserve Stanley Fischer menyatakan bahwa pasar tenaga kerja, memiliki tahun yang cukup baik dengan peningkatan rata-rata bulanan dari 181.000. Meskipun ini adalah tingkat pertumbuhan lebih lambat dari tahun lalu, pertumbuhan sudah cukup untuk menjaga tingkat pengangguran mendekati 5.0%.

Tingkat pengangguran statis mencerminkan peningkatan tingkat partisipasi, yang mungkin dipicu oleh kenaikan sederhana di upah dengan peningkatan laju pertumbuhan indeks biaya tenaga kerja sekitar 2,75%.

Fischer berspekulasi bahwa peningkatan tingkat partisipasi mungkin bersifat sementara dan bahwa tren di tingkat partisipasi akan menjadi penting dalam menentukan tingkat keuntungan kerja yang diperlukan untuk mempertahankan tingkat pengangguran yang stabil.

Jika tingkat partisipasi tetap tidak berubah, keuntungan pekerjaan bulanan 125,000-175,000 akan diperlukan untuk menjaga tingkat pengangguran stabil. Sebaliknya, jika ada penurunan tingkat partisipasi sekitar 0,3% per tahun, maka akan hanya perlu peningkatan bulanan di pekerjaan di kisaran 65,000-115,000 untuk menjaga tingkat pengangguran stabil.

Sejauh inflasi yang bersangkutan, Fischer berkomentar bahwa telah terjadi peningkatan tingkat inflasi sebagai efek sementara sebelumnya harga minyak yang lebih rendah dan dolar yang kuat mereda.

Fischer memperkirakan tingkat inflasi untuk pindah ke tingkat 2,0%, didukung oleh tingkat inflasi inti yang lebih tinggi dengan tingkat PCE inflasi yang mendasari, yang naik pada 1,7% pada bulan September.

Fischer berkomentar bahwa pasar menempatkan probabilitas kenaikan tarif Desember di atas 70% dan ia tidak melakukan apa pun untuk meredam harapan tersebut.

Komentar dari pejabat Fed akan diawasi ketat setelah pemilihan Presiden sehingga tidak akan ada lagi kendala politik dan pejabat cenderung lebih terus terang dalam mengekspresikan pandangan mereka.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here