Investasi Aset Tetap Tiongkok Meningkat; Produksi Industri dan Retail Sales Dibawah Perkiraan

402

Investasi aset tetap Tiongkok naik 8,3 persen pada Januari-Oktober dari periode yang sama tahun sebelumnya, sedikit lebih tinggi dari ekspektasi pasar, sementara produksi industri dan pertumbuhan penjualan ritel lemah dari perkiraan, demikian rilis dari Biro Statistik Nasional Tiongkok, Senin (14/11).

Analis yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan pertumbuhan investasi sebesar 8,2 persen, kecepatan yang sama seperti dalam sembilan bulan pertama tahun ini.

Pertumbuhan investasi swasta dipercepat menjadi 2,9 persen dari 2,5 persen pada Januari-September, yang naik dari rekor rendah 2,1 persen dalam delapan bulan pertama.

Kontribusi investasi swasta sekitar 60 persen dari keseluruhan investasi di Tiongkok.

Produksi industri naik 6,1 persen pada Oktober dari tahun sebelumnya, Biro Statistik Nasional mengatakan pada hari Senin, di bawah perkiraan analis untuk kenaikan 6,2 persen, menyusul kenaikan 6,1 persen pada September.

Penjualan ritel naik 10,0 persen pada bulan Oktober pada tahun, di bawah perkiraan. Analis telah memperkirakan mereka akan naik 10,7 persen, sama dengan bulan sebelumnya.

Ekonomi Tiongkok stabil di belakang pengeluaran pemerintah meningkat dan rebound properti, yang memicu boom konstruksi, tapi investasi swasta masih lemah.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here