Bursa Eropa 15 November Bergerak Mixed; Kebijakan Trump Dicermati

451

Bursa Saham Eropa mixed pada perdagangan Selasa (15/11) karena dolar AS retreat dan imbal hasil Treasury tetap stabil karena para pedagang mencerna kebijakan Presiden AS terpilih Donald Trump akan mempengaruhi inflasi.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 melayang-layang di sekitar garis datar setelah mengurangi keuntungan sebelumnya.

Indeks Dolar AS yang mengukur greenback terhadap sekeranjang mata uang, di sekitar $ 99,552 di perdagangan Eropa. Dolar AS telah meningkat menjadi 100,22 pada hari Senin, level tertinggi sejak Desember 2015, menurut Reuters. Perhatian telah merayap di kalangan pedagang menunggu untuk melihat proposal kebijakan yang lebih konkret dari Trump.

Sementara itu imbal hail 10-tahun Treasury AS tetap stabil.

Pedagang akan mengawasi dengan cermat kebijakan ekonomi Trump karena efeknya bisa saja pada kebijakan moneter. Partai Republik telah mengatakan bahwa Trump berencana untuk belanja infrastruktur dan memotong pajak untuk merangsang ekonomi. Stimulus fiskal meningkat bisa berdampak pada kenaikan suku bunga Federal Reserve.

Sejumlah pejabat Fed berbicara pada hari Senin tentang kebijakan Trump. Presiden Fed Richmond Jeffrey Lacker mengatakan bahwa “sikap fiskal yang lebih stimulatif ” akan “memperkuat kesempatan untuk menaikkan suku bunga”.

Saham Nokia jatuh sebanyak 6 persen setelah perusahaan asal Finlandia melaporkan bahwa penjualan bersih dalam bisnis jaringan akan menurun di tahun penuh 2017. Pembuat peralatan jaringan ini juga mengumumkan € 1 miliar ($ 1,08 miliar) program pembelian kembali saham.

EasyJet melaporkan penurunan pendapatan untuk 12 bulan sampai akhir September tapi melaporkan catatan jumlah penumpang dan load factor. Maskapai anggaran memperingatkan tekanan untuk 2017, membuat saham sideways.

Penambang Antofagasta yang terdaftar di London, berada dekat bagian bawah STOXX 600 setelah HSBC memberi rating saham dengan “mengurangi”. Saham sumber daya dasar lainnya termasuk Anglo American, dan Glencore berada jauh di dalam wilayah negatif karena dolar yang kuat menekan harga logam.

Di tempat lain, Fiat Chrysler dan Cummins Inc telah dituduh melalui gugatan class action di AS dari sengaja menipu konsumen dan regulator dari “tingkat tinggi emisi diesel ilegal di kendaraan mereka.” Kedua perusahaan berencana untuk melawan gugatan dan menyangkal klaim. Saham Fiat Chrysler melemah tajam.

Bank-bank berkinerja buruk pada hari Selasa. Saham Societe Generale berada di wilayah negatif setelah laporan bahwa kementerian keuangan Perancis telah memulai proses untuk menutup € 2200000000 senilai pemotongan pajak yang diberikan kepada kreditur setelah kerugian yang disebabkan oleh pedagang nakal Jerome Kerviel.

Dan Italia Unicredit di zona merah setelah Exane BNP Paribas menurunkan target harga untuk saham. Unicredit berencana untuk menaikkan € 13000000000 untuk meningkatkan keuangannya, Wall Street Journal melaporkan pada hari Selasa.

Dalam data ekonomi, produk domestik bruto kuartal ketiga Zona Eropa naik 1,6 persen tahun-ke-tahun, dan 0,3 persen kuartal-ke-kuartal.

Di tempat lain, harga konsumen U.K. naik 0,9 persen tahun-ke-tahun pada bulan Oktober, menurut Kantor Statistik Nasional, di bawah perkiraan analis sebesar 1,1 persen tahun-ke-tahun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here