Inflasi Oktober Inggris Menurun Dibawah Perkiraan

539

Harga konsumen Inggris (CPI) naik 0,1% pada bulan Oktober menyusul kenaikan 0,2% bulan sebelumnya. Sedangkan tingkat inflasi tahunan turun menjadi 0,9% dari 1,0% bulan sebelumnya dan secara signifikan di bawah tingkat yang diharapkan dari 1,2%, meskipun itu masih tingkat tertinggi kedua terlihat sejak akhir 2014.

Tingkat inti juga lemah dari yang diharapkan dengan tingkat tahunan menurun menjadi 1,2% dari 1,5% dan dibandingkan dengan ekspektasi penurunan marjinal menjadi 1,4% pada bulan tersebut.

Ada peningkatan kecil di harga pakaian dan biaya pendidikan universitas daripada yang terlihat tahun lalu dan ada juga penurunan untuk minuman non-alkohol, yang membantu menekan potensi tekanan ke atas pada tingkat inflasi.

Harga furnitur naik secara bulanan, peningkatan pertama di Oktober sejak tahun 1997.

Biaya transportasi juga meningkat tajam pada bulanan dan memberikan tekanan ke atas yang signifikan pada tingkat inflasi secara keseluruhan dan biaya transportasi yang lebih tinggi akan memberi dukungan ke dalam perekonomian selama beberapa bulan ke depan.

Harga konsumen Inggris jatuh pada periode November 2015 sampai April 2016 dan berpeluang mengulangi performa tahun ini kecuali ada tindakan pemerintah untuk memotong sementara pajak tidak langsung untuk membantu mendukung perekonomian. Jika tidak ada pemotongan pajak, masih ada potensi tekanan ke atas yang tajam pada tingkat inflasi year-on-year selama beberapa bulan ke depan dengan bergerak setidaknya ke area 2,0%.

Data bagaimanapun akan meredam spekulasi langsung bahwa Bank of England bisa dipaksa untuk menaikkan suku bunga untuk mencegah melampaui dari target inflasi 2,0%.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here