Optimisme Ekonomi November Jerman Naik Tertinggi 5 Bulan

401

Indeks ekspektasi bisnis ZEW Jerman diperkuat menjadi 13,8 untuk November dari 6,2 bulan sebelumnya. Ini adalah di atas ekspektasi pasar dalam peningkatan yang lebih kecil untuk sekitar 8,0 dan pembacaan terkuat sejak Juni dengan kenaikan bulanan keempat berturut-turut. Demikian laporan dari ZEW, Selasa (15/11).

Terdapat peningkatan jumlah responden yang mengharapkan ekonomi membaik, meskipun indeks keseluruhan masih di bawah rata-rata jangka panjang.

germany-zew-economic-sentiment-index

Ada sedikit kemunduran di indeks ekspektasi saat ini untuk 58,8 dari 59,5 sebelumnya dengan penurunan kecil dalam proporsi responden yang menyatakan bahwa kondisi ekonomi yang baik.

Ada juga bukti bahwa kepercayaan merosot setelah kemenangan pemilu Trump dengan nada lemah di balasan yang diterima setelah pemilu, meskipun terlalu dini untuk membuat penilaian tentang dampak keseluruhan dan data yang akan datang akan diawasi ketat.

Terdapat juga peningkatan yang signifikan dalam ekspektasi bahwa inflasi akan bergerak lebih tinggi.

Ada juga harapan bahwa suku bunga jangka panjang akan meningkat selama beberapa bulan ke depan.

Nada keseluruhan dari data akan mempertahankan ekspektasi pertumbuhan yang solid dalam perekonomian Jerman. Peningkatan ekspektasi inflasi juga akan membuat semakin sulit bagi ECB untuk mempertahankan kebijakan pelonggaran kuantitatif luar Maret 2017.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here