Fed Rosengren Harapkan Kenaikan Suku Bunga AS Bulan Desember

548

Dalam pidato pada hari Selasa (16/11), Presiden Fed Boston Eric Rosengren mempertahankan kepercayaan terhadap prospek ekonomi secara keseluruhan dengan peningkatan kerja terbaru dari 161.000 dan pengangguran di 4,9%, mengkonfirmasikan bahwa ekonomi berada pada atau dekat dengan kesempatan kerja penuh.

Dia menegaskan bahwa para pembuat kebijakan Fed harus mempertimbangkan risiko yang melekat dalam menunggu terlalu lama untuk secara bertahap menghapus akomodasi moneter.

Mengingat bahwa ekonomi sudah sangat dekat dengan lapangan kerja, penurunan pengangguran lebih lanjut akan meningkatkan risiko yang berkelanjutan dalam jangka panjang. Pada gilirannya, ini akan menunjukkan perlunya penghapusan cepat lebih akomodasi kebijakan moneter, yang merupakan sesuatu yang Rosengren ingin menghindari.

Menurut Rosengren, perkiraan Boston Fed memperkirakan PCE inflasi total dan inti untuk mencapai 2,0% selama tahun depan.

Setelah perbedaan pendapat pada pertemuan September, Rosengren menyatakan bahwa ia memutuskan dissenting pada pertemuan November karena perubahan dalam pernyataan baik selaras dengan gagasan itu dan persepsi pasar kemungkinan tinggi pengetatan pada bulan Desember.

Dengan kata lain, Rosengren yakin bahwa FOMC akan mendorong maju dengan kenaikan pada pertemuan bulan Desember dan, karena itu, memutuskan dissenting lagi pada bulan November.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here